-->

10 Buah-buahan yang Mengandung Serat Tinggi

10 Buah-buahan yang Mengandung Serat Tinggi. Pembahasan mengenai Makanan yang mengandung banyak serat memang sering diabaikan oleh kebanyakan orang dibanding dengan pembahasan lemak, protein dan karbohidrat. Padahal, serat makanan memiliki fungsi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Serat terbagi pada dua, yakni serat larut dan serat tidak larut bersama air. Kedua serat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kepentingan kesehatan. Berikut manfaat serat bagi kepentingan tubuh.

Manfaat Serat
  • Mencegah penyakit jantung.
  • Mengendalikan kadar gula dalam darah.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Menghindarai risiko diabetes type 2.
  • Mencegah polip usus.
  • Mencegah wasir.
  • Meningkatkan kinerja usus.
  • Menurunkan risiko kanker.
  • dll.





10 Buah-buahan yang Mengandung Serat Tinggi


Kandungan serat dapat ditemukan dalam bahan makanan seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, padi-padian, dan tentu saja didalam buah-buahan. Berikut macam-macam buah-buahan yang mengandung serat tinggi.

Apel merah Dari 100 gram bahan apel merah mengandung sekitar 2 gram serat. Serat dalam apel merah dapat larut oleh air, berarti hal ini sangat baik untuk pencernaan. Khasiat apel merah dapat menstabilkan kadar kolesterol dan juga tekanan darah. Kulitnyapun mengandung serat yang bermanfaat untuk membersihkan racun dalam tubuh.

Pisang
Kandungan serat dalam buah  pisang mencapai 0,6 gram per 100 gram. Pisang juga berkhasiat untuk mengobati lambung, stroke, menurunkan kolesterol dll. Pisang juga mengandung kalium dan natrium yang tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja tubuh. Baca Aneka manfaat pohon pisang

Avokad hijau
Serat yang terkandung dalam avokad hijau mencapai 2,2 gram per 100 gram hal ini sangat berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Avokad juga sering dipakai untuk terapi penyembuhan anemia dan perawatan kecantikan.

Pepaya
Pepaya mengandung serat dengan jumlah 1,3 gram per 100. Papain adalah Kandungan lain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga pepaya sangat pantas dijadikan buah-buahan untuk pelancar pencernaan. kandungan lain dalam pepaya adalah vitamin A, B, C, karbohidrat, magnesium, kalium dan kalsium. Baca juga Manfaat dan Khasiat Pepaya.

Jambu biji merah
Kadar serat yang terkandung dalam buah jambu biji merah mencapai 7,3 gram per 100 gram paling tinggi diantara buah lainnya. Buah jambu rendah kalori dan glukosa sehingga sangat cocok dijadikan terapi penyembuhan diabetes. Baca Manfaat Jambu Biji

Pir hijau
Selain mengandung serat yang mencapai 2,3 gram per 100 gram bahan, buah pir juga mengandung kalium, kalsium, magnesium, pektin dan sejumlah vitamin C. Buah pir diketahui mampu meredakan batuk, panas, melancarkan pencernaan, serta encegah konstipasi.

Belimbing
Serat dalam buah belimbing sekitar 1/100 gram bahan dan mengandung sejumlah serat asam buah dan sejumlah vitamin A, B, serta C. Buah belimbing berkhasiat meredakan panas dalam, infeksi tenggorokan, dan melancarkan pembuangan tinja. Buah belimbing sering digunakan untuk terapi penyembuhan diabetes melitus.

Melon
Buah melon juga mengandung serat kurang lebih 0,7/100 gram. Kandungan lain dalam buah melon yaitu vitamin A, C, karbohidrat, kalium, kalsium, magnesium serta fosfor. Buah melon dapat berkhasiat untuk membersihkan sistem sirkulasi darah, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan pencernaan dll.

Mangga
Kandungan serat yang terdapat dalam buah mangga mencapai 1,6/100 gram. Mangga juga mengandung vitamin, pektin dan fruktosa. Khasiat buah mangga dapat melancarkan saluran pencernaan, menguatkan jaringan tubuh, mencegah gangguan pembuluh darah, terapi kecantikan, bahkan dapat mencegah kanker.

Nanas
Buah nanas terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, tapi selain itu buah nanas juga mengandung serat sebesar 1/100 gram yang berfungsi sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu buah nanas mengandung vitamin A, mangan, magnesium, kalsium, dan sejumlah zat gizi. Buah nanas sering dipakai untuk mengatasi batuk, panas, sariawan, anemia, serta mencegah konstipasi.

Disqus Comments