-->

11 Tumbuhan untuk Obati Kencing Batu

11 Tumbuhan untuk Obati Kencing Batu. Kadang-kadang didalam piala ginjal, didalam kandung kemih dan didalam pipa kemih terdapat benda keras seperti batu. Batu itu kadang-kadang halus seperti serbuk, dan kadang-kadang kasar semacam batu kerikil. Karena disebabkan semacam batu tersebut maka terganggulah piala ginjal dan alat-alat perkencingan seperti tersumbatnya aliran air kencing pada pipa kemih.

Sebab musabab terjadinya hal itu kemungkinan penderita banyak minum air yang mengandung garam bersisa (mengendap). Biasanya batu-batu yang terdapat dalam saluran kencing terdiri dari : kalsium oksalat, kalsium fosfat, asam urikum, atau campuran dari garam-garam tersebut.

Gajala Kencing batu

  • Senantiasa terasa ada perangsangan dan sakit pada waktu kencing.
  • Didalam air kencing terdapat batu-batu, apabila batu-batu didalam kandung kemih masih kecil-kecil.
  • Karena luka terkena batu, maka kadang-kadang air kencing sipenderita bercampur dengan darah.

  • Perawatan yang harus dilakukan
  • Minumlah air masak banyak-banyak setiap hari.
  • Usahakan sipenderita selalu berhajat besar dan berhajat kecil setiap hari.
  • Usahakanlah sipenderita setiap hari minum minyak kemiri atau minyak ikan 1 sdm setiap hari.
  • Usahakan sipenderita setiap hari makan sayur (daun singkong, daun kelintang, lobak) dan buah-buahan yang masak dari pohon (pepaya, sirsak, jeruk, tomat).
  • Hindari makanan seperti ikan, hati, ginjal, limpa, dan sayuran bayam, buncis, dan kapri.
  • Kurangi sebanyak mungkin makanan yang pedas dan yang asin-asin.
  • Baca juga
    Khasiat dan Manfaat daun encok
    Obat Keputihan dari Tanaman Berkhasiat

    11 Tumbuhan untuk obati kencing batu


    1. Daun keji beling 8 lb, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga hanya tersisa 3/4 nya. Sesudah dingin disaring lalu diminum dengan madu seperlunya (3x sehari 3/4 gls). Disamping itu minum juga teh kumis kucing.
    2. Daun gempur batu 10 lbr, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga hanya tinggal kira-kira 3/4 nya. Sesudah dingin lalu disaring dan minum dengan madu seperlunya (3x sehari 3/4 gls) Minum juga teh kumis kucing.
    3. Daun tempuyung 5 lembar, dicuci lalu diasapkan sebentar, lalu dimakan sebagai kuluban/lalapan bersama dengan nasi.
    4. Akar pohon enau 5 jr, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Direbus dengan air bersih 5 gelas hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin lalu diminum dengan madu seperlunya (3x sehari 3/4 gls).
    5. Daun urat 1/2 genggam, dicuci lalu direbus dengan air bersih 3 gelas sehingga hanya tersisa 3/4 nya. Sesudah dingin diminum bersama madu seperlunya (3x sehari 3/4 gls).
    6. Daun wungu 8 lembar, dicuci lalu direbus dengan 3 gls air hingga tersisa 3/4 nya. Setelah dingin diminum  dengan madu (3x sehari 3/4 gls).
    7. Teras tongkol buah jagung 6 bt, dicuci lalu direbus dengan air bersih 5 gelas sehingga tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring dan minum (3x sehari 3/4 gls).
    8. Akar batang pepaya 5 jr, dicuci dan dipotong-potong seperlunya lalu rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Saring dan minum (3x sehari 3/4 gls).
    9. Daun kaki kuda 1/2 genggam, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 3 gelas hingga tersisa 3/4 nya. Minum bersama dengan air gula (3x sehari 3/4 gls).
    10. Rimpang temulawak 1 jr, dicuci dan potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum bersama madu (3x sehari 3/4 gls).
    11. Lobak 2 bt, dicuci bersih lalu di iris-iris tipis, dimakan sebagai lalapan bersama dengan nasi (2-3 hari a sekian).

    Disqus Comments