-->

Puasa Arafah Nilai Ketaqwaan dan Kesehatan

Puasa Arafah Nilai Ketaqwaan dan Kesehatan. Puasa  Arafah memang identik dengan ajaran spiritual pada agama islam, walaupun dibeberapa agama lainpun ada anjuran untuk berpuasa, tapi Puasa Arafah adalah Shaum di laksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah dan hukumnya sunat muakad bagi yang melaksanakan haji, tetapi bagi yang tidak melaksanakan haji juga bisa berpuasa dihari yang sama dengan pahala yang besar. 

 صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهَا وَالسَّنَةَ الَّتِيْ بَعْدَهَا

"Artinya" Berpuasa pada hari arafah Aku (Rasulullah SAW) mengharap Allah menghapus dosa dosa pada tahun lalu, dan dosa dosa pada tahun yang akan datang. (H.R. Muslim116)


Manfaat Puasa Arafah


Banyak manfaat dari pelaksanaan puasa Arafah ini, tentu ditinjau dari sudut kesehatan pula, disamping memperdalam nilai ketaqwaan kepada sang Khaliq, kita juga bisa melakukan cara cara sehat ala Nabi dengan menjalankan puasa, salah satunya puasa Arafah. Saya sendiri hanya membahas puasa secara keseluruhan (tidak hanya puasa Arafah) ditinjau dari sudut kesehatan,

Sebagai media  untuk menurunkan berat badan.
Dalam sebuah penelitian, pasien non obesitas kehilangan rata-rata 4% dari total lemak ketika mereka berpuasa secara bergantian untuk jangka waktu 22 hari. Dalam penelitian lain yang dilakukan pada penderita obesitas, puasa, berarti mengkonsumsi hanya 25% dari kebutuhan kalori sehari-hari mereka menghasilkan penurunan berat badan 5,5 rata-rata jangka waktu delapan minggu. 3% , lemak tubuh juga hilang, bersama dengan penurunan kadar total  LDL (kolesterol jahat)

Puasa  menormalkan sensitifitas
Ketika tubuh anda mendapatkan terlalu banyak karbohidrat dan gula, dapat menjadi resisten insulin, yang kemudian akan menyebabkan sejumlah penyakit kronis. Jika anda tidak mau,  Anda harus menjaga tubuh anda sensitif terhadap insulin. Puasa adalah cara yang efektif untuk melakukan hal ini ketika anda sensitif terhadap insulin, anda dapat  mencegah penyakit seperti diabetes, kanker dan komplikasi jantung.

Puasa dapat menormalkan Ghrelin
Ghrelin juga dikenal sebagai hormon rasa lapar, ia bertanggung jawab untuk memberitahu tubuh bahwa tubuh perlu konsumsi, Ketika anda berpuasa, ghrelin dalam tubuh anda menormalkan, sehingga fungsi ghrelin benar-benar menjadi lebih akurat. 

Menurunkan Trigliserida
Tigliserida adalah lipid atau lemak dalam darah. Bila Anda mengkonsumsi terlalu banyak kolesterol, trigliserida anda mungkin meningkat, membuat anda lebih rentan terhadap penyakit jantung. Puasa dikenal bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang berarti bahwa hal itu juga mengurangi pembentukan trigliserida. 

Marilah kita berpuasa untuk membuat ladang amal kelak diakhirat, dan menciptakan pola hidup sehat, disiplin dengan menjalankan ibadah puasa. terima kasih..

Disqus Comments