-->

Khasiat Jeruk Nipis

Khasiat Jeruk Nipis. Jeruk nipis atau biasa disebut jeruk pecel adalah salah satu jenis citrus (jeruk) yang banyak memiliki dahan dan ranting, berkayu alot dan keras permukaan kulitnya berwarna tua dan kusam, Tanaman yang bernama citrus aurantifolia ini pada umur dua tahun setengah sudah mulai berbuah, bentuknya bulat kecil kecil apabila sudah tua rasanya asam, kulit luarnya berwarna hijau kekuning kuningan, tanaman ini menyukai lahan luas yang cukup terkena sinar matahari. Hampir semua orang mengenal jeruk ini kerena disamping suka digunakan sebagai pemberi rasa dan aroma pada makanan, juga jeruk nipis ini akrab dengan sistem pengobatan tradisional dan sistem perawatan kulit wajah secara alami.


Kandungan Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung unsur senyawa kimia yang bermanfaat, contohnya : limonen, linalin asetat, geranil asetat, felandren dan sitral. Disamping itu jeruk nipis mengandung asam sitrat, Vitamin C 27 miligram, kalsium 40 miligram, fosfor 22 miligram, lemak 0.1 gram, kalori 37 gram protein 0.8 dan Air 86 gram.  Komposisi tanaman berkhasiat diatas sungguh sangat menggembirakan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia dengan vitamin dan kandungan asamnya dipercaya mampu memberikan pengobatan pada beberapa penyakit diantaranya :

Amandel
Caranya : 1 buah jeruk nipis diperas lalu ambil airnya, kemudian 1-2 rimpang kunyit diparut dan diperas juga diambil airnya lalu keduamya dioplos dengan 2 sendok madu dicampur air satu gelas sampai merata kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari secara rutin.

Malaria
Caranya : Siapkan 1 buah jeruk nipis dan kecap tambah garam secukupnya, jeruk nipis diperas lalu masukan kecap dan garam secukupnya diaduk dan disaring lalu diminum tiap hari setiap pagi menjelang sarapan.

Ambeien
Caranya : potong 2-4 akar jeruk nipis direbus dengan 2 liter air sampai menyisakan satu liter, kemudian disaring diminum setiap sore secara teratur.<

Sesak napas
Caranya : Siapkan 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butur telor ayam kampung, 1 sendok bubuk kopi, satu potong gula batu. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut lalu dicampur dengan bahan lainnya dan diseduh dengan air panas diaduk sampai merata kemudian disaring. Diminum setiap pagi secara teratur

Influenza 
Caranya : Sediakan 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kayu putih, kapur sirih secukupnya. Jeruk nipis dipanggang sebentar untuk diambil perasannya kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diaduk sampai merata dan disaring. Diminum sehari sekali secara rutin.

Batuk
Caranya : Jeruk nipis dipanggang sebentar lalu ambil perasannya tambahkan kecap dan garam secukupnya diminum 2 kali sehari sampai sembuh.

Sakit panas
Caranya : siapkan 1 buah jeruk nipis, setengah sendok minyak kelapa, satu sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang telah dihaluskan. Jeruk nipis diambil perasanya kemudian dicampur dengan bahan yang lainnya sampai merata. Dipakai sebagai obat gosok pada punggung dan dada.

Sembelit
Caranya : 1 buah jeruk nipis, 2-4 siungb bawang merah, 1 sendok kayu putih, buah asam secukupnya. Peraslah jeruk nipis lalu ambil airnya kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan dihaluskan bersama sama. Dioleskan keseluruh tubuh terutama diseputar perut.

Terlambat datang bulan
Caranya : sediakan 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit, kapur sirih dan garam secukupnya. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas juga ambil airnya, lalu campurkan bahan yang lain secara merata. Diminum sehari sakali secara rutin.

Disentri
Caranya : Siapkan 2 potong akar jeruk nipis lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, lalu disaring. Diminum setiap hari sekali.

Menghilangkan keriput
Caranya : Siapkan 1 buah jeruk nipis, 1 sendok kayu putih, 1/4 sendok kapur sirih. Jeruk nipis diambil perasannya kemudian campurkan dengan bahan lainnya. Oleskan pada wajah dan leher secara merata, biarkan selama 20 menit setelah itu lalu bilas. Dilakukan setiap malam menjelang tidur. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan baca : cara menghilangkan flek hitam diwajah.

Memutihkan kulit wajah
Silahkan disimak caranya disini

Menghilangkan bau badan
Caranya : 1 buah jeruk nipis diperas kemudian 4-5 lembar daun sirih direbus dengan satu ceret air, tambahkan air secukupnya. Silahkan mandi menggunakan ramuan itu, cara lain bisa dibaca pada artikel Cara menghilangkan bau badan secara alami

Menghilangkan kelelahan
Caranya : Sediakan 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang jahe, setengah sendok bubuk merica, 1 sendok kopi. ambil perasan jeruk nipis, jahe diparut dan diambil perasannya, kamudian dicampur dengan bahan lain secara merata, tambahkan satu gelas air lalu saring. diminum dua minggu sekali.

Demikianlah artikel tentang kandungan dan khasiat jeruk nipis juga resep cara membuatnya. silahkan dicoba bagi anda yang membutuhkan semoga bermanfaat terima kasih

Disqus Comments