-->

17 Manfaat Penting Daun Kemangi

17 Manfaat Penting Daun Kemangi. Daun Kemangi Ocimum Sancium Linn memang identik dengan tanaman yang suka dijadikan lalapan untuk pelengkap makan, kombinasi ayam goreng yang garing dengan daun kemangi cocol sambal tomat atau sambal kacang melengkapi selera makan kita. Kemangi sering juga dijadikan pewangi dan pemberi rasa pada pepes dan karedok, walau tak jarang pula tanaman daun kemangi ini dijadikan tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah.


Kandungan Daun Kemangi


Daun Surawung demikian jawa barat menamainya walau bukan identik dengan tanaman obat tapi dalam daun kemangi ini tersimpan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan tubuh seperti vitamin A, B, C, K, Zat besi, fosfor, lemak, ditambah dengan protein dan kalsium yang memadai, serta berpadu dengan karbohidrat dan energi membuat daun kemangi bisa dibanggakan. Selain itu kandungan lainnya seperti sitrat, sineol, atsiri, anetol, zat arigi, flavonoid,triptofan, boron, eugenol dan lain-lain menjadikan daun kemangi ini punya khasiat yang bagus. Berikut Manfaat Kandungan Penting dari Daun Kemangi :


1. Kalium memberikan efek yang sangat baik bagi kebutuhan jantung dan tulang. Kalium juga memberikan dampak yang baik bagi pencernaan serta fungsi otot.

2. Vitamin B6 dalam semangi Penting untuk otak  dalam memberikan koordinasi terhadap fungsi metabolisme tubuh  serta menjadikan fungsi sarap berjalan secara normal.

3. Vitamin A, C dan E. Vitamin A mencegah berbagai masalah pada mata. Vitamin C memberikan perlindungan terhadap kekurangan sistem kekebalan tubuh dan merupakan nutrisi yang ideal untuk kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E adalah antioksidan yang membantu membangun struktur sel.

4. Niacin. Sebuah vitamin penting yang diperlukan untuk memproses lemak dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol.

5. Folat  A B-kelompok vitamin yang penting untuk perkembangan janin yang sehat.

6. Besi. Paramount untuk tulang dan mengurangi Anemia (kelelahan atau kelemahan) karena kurangnya hemoglobin.

7. Fosfor. Adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk fungsi sel yang tepat, regulasi kalsium untuk tulang dan gigi agar kuat dan terawat.

8. Tembaga. Adalah merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tulang dan produksi jaringan ikat.

9. Mangan. Sangat diperlukan  tubuh untuk enzim agar berfungsi secara tepat dalam menyerap nutrisi, menyembukan luka serta untuk perkembangan tulang.

10. Kalsium. Seperti yang kita semua tahu, penting untuk tulang dan gigi.



Khasiat Lain pada Daun Kemangi


11. Mengusir  nyamuk
Tanaman kemangi dapat menjadi alat untuk mengusir nyamuk. Cobalah menempatkan tanaman kemangi dekat kamar atau di ruangan lain, tanaman ini akan mengusir nyamuk, bahkan mengusir lalat dan serangga lain.

12. Mengobati gigitan serangga
Jika Anda digigit atau disengat serangga, cobalah untuk menggosok daun kemangi pada kulit yan digigit atau disengat, kemangi akan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

13. Menghilangkan Stres
Kemangi digunakan dalam pengobatan Ayurvedic untuk memerangi stres. Cobalah untuk membubuhkn dua cangkir teh daun kemangi kedalam air hangat untuk mandi, niscaya akan membantu mengurangi stres dan memudahkan relaksasi.

14. Menghindari Demam, dingin dan flu
Daun kemangi bertindak sebagai pencegahan terhadap malaria dan demam berdarah. Cobalah mengunyah daun kemangi segar untuk mengurangi batuk, atau membuat teh dari daun kemangi kering untuk membantu menenangkan penyakit.

15. Meringankan Paru-paru
Basil pada kemangi sangat efektif dalam menyembuhkan hampir semua jenis gangguan pernafasan termasuk Bronchitis (baik kronis dan akut), pengobatan asma, dan menyembuhkan  paru-paru karena merokok, Tuberkulosis dan kanker paru-paru.

16. Menghapus Batu Ginjal
Basil dianggap sebagai tonik yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal secara keseluruhan. Rebus 5-6 daun kemangi dalam air mendidih selama sekitar 10 menit. Tambahkan satu sendok teh madu lalu minum teh kemangi ini ketika  agak dingin untuk menginduksi pengusiran batu dari saluran kemih.

17. Menghilangkan Bau Mulut
Tentu saja kandungan minyak atsiri yang harum dapat mengusir aroma mulut yang tidak bersahabat serta mengusir bakteri digigi dan mengharumkannya.

Nah sekarang kita tahu bahwa daun kemangi ini sangat berguna untuk menjaga fungsi tubuh disamping sebagai makanan pelengkap. Terima kasih.

Disqus Comments