-->

Khasiat Sawi Putih untuk Pengobatan

Khasiat Sawi Putih untuk Pengobatan. Petsai (Brassica chinensis) atau dikenal dengan sawi putih, termasuk sayuran yang banyak disukai, karena rasanya agak manis, segar, dan menyejukan. Masakan Cina banyak menggunakan tanaman ini. Petsai atau sawi putih ini merupakan tanaman dataran tinggi. seperti kerabat kubis-kubisan lainnya. Tanaman inipun diperbanyak dengan biji. Akar sawi putih hanya tumbuh sedikit dibawah permukaan tanah. Oleh karena itu, agar dapat tumbuh subur, petsai ditanam ditanah yang gembur dan subur seperti tanah pegunungan.


Manfaat dan Khasiat Sawi Putih


Batuk Kering Berdahak
Petsai secukupnya yang ditambahkan sedikit gula dan air, lalu dipanaskan diatas api kecil hingga matang. Setelah itu, sayuran ini dapat disajikan. Baca juga Obat Batuk Alami

Radang Kulit (dermatitis)
Beberapa daun petsai dipotong-potong lalu dibuat jus. Ramuan tersebut dibubuhkan kebagian yang sakit.

Radang mata
Beberapa lembar sawi putih dipotong-potong dan dibuat jus, Selanjutnya, jus tersebut disaring hingga diperoleh cairan yang bersih. Cairan itulah yang diteteskan kemata penderita. Setiap kali akan diberikan ramuan abat, hendaknya mata dalam keadaan bersih. Untuk pengobatan penyakit ini digunakan 2-3 tetes setiap kali pemberian dan dilakukan 2 kali sehari hingga radangnya sembuh.

Keracunan Minyak
Beberapa lembar sawi putih dicuci bersih, lalu dipotong-potong. Selanjutnya, potongan tersebut dibuat jus dan diberikan kepada penderita dengan cara diminumkan sebanyak-banyaknya.

Khasiat lain
Karena bersifat menyejukan, sawi putih sangat baik dikonsumsi untuk dijadikan obat penenang orang yang banyak bekerja. Selain itu, sawi putihpun baik untuk menyembuhkan demam, menyamankan perut, dan memperlancar pencernaan.

Disqus Comments