-->

Manfaat Murbei Atasi Penyakit

Manfaat Murbei Atasi Penyakit. Murbei atau nama ilmiahnya Morus alba L ini telah lama dibudidayakan  karena mempunyai manfaat serta khasiat bagi kesehatan. Tanaman dari suku Moraceae ini kandungannya dapat berkhasiat untuk mengatasi beberapa penyakit, dan herba murbei bermanfaat karena daun mudanya enak dijadikan sayur dan berkhasiat sebagai pembersih darah bagi orang yang sering bisulan kadang juga daun murbei sering dijadikan makanan ulat sutera.

Disebagian wilayah Indonesia murbei mempunyai nama murbai, besaran (jawa), kerta, kitau (sumatera). Tumbuhan yang sudah dibudidayakan ini menyukai daerah-daerah yang cukup basah seperti lereng gunung pada tanah yang berdrainase baik, terkadang juga ditemukan tumbuh liar.


Sifat dan Khasiat Murbei


Daun berkhasiat untuk kolesterol tinggi, kencing manis, batuk darah dan muntah darah akibat darah panas, radang mata merah, demam karena flu, batuk, sakit kepala, malaria, sakit tenggorokan, sakit gigi, rematik, darah tinggi, kaki gajah, sakit kulit, bisul, memperbanyak ASI, keringat malam,  serta gangguan pada saluran pecernaan.

Kulit akar berkhasiat untuk batuk berdahak, sesak napas, sakit gigi, tidak datang haid, muka bengkak, kencing yang nyeri dan susah, serta cacingan.


Manfaat Murbei Atasi Penyakit

Buah berkhasiat untuk darah tinggi, kencing manis, kurang darah, penglihatan kabur, telinga berdenging (tinnitus), rasa haus dan mulut kering, sukar tidur, hepatitis kronis, batuk berdahak, jantung berdebar, pendengaran berkurang dan vertigo, sembelit pada orang tua, sakit otot dan persendian, sakit tenggorokan, serta rambut beruban sebelum waktunya.

Ranting berkhasiat atasi rematik, pada tangan atau kaki terasa baal dan sakit, sakit pinggang (lumbago), keram pada tangan dan kaki, tekanan darah tinggi, serta menyuburkan pertumbuhan rambut.

Cara pemakaian
Menggunakan obat yang diminum, rebus kulit akar (10-15 g) jika ranting (15-30 g), jika daun, (5-10 atau 20-40 g) dan buah (10-15 g).

Untuk pemakaian luar, tumbuklah daun segar diblender atau giling halus,  turapkan ketempat yang sakit, seperti luka digigit ular, serangga, atau bisa juga untuk merangsang pertumbuhan rambut. Untuk herba yang disimpan, kukus buah atau potong tipis ranting atau kulit akar, lalu jemur sampai kering.


Khasiat Murbei


Tekanan Darah Tinggi, Kaki Bengkak
Cuci bersih daun murbei segar kira-kira (15 g), kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air dalam waktu seperempat. Bila sudah dingin saring lalu bagi untuk 2 kali minum.

Memperbanyak ASI
Masak daun murbei muda sebagai sayur, lalu makan sebagai mana makan bersama nasi.

Kencing Nanah
Rebus kulit akar murbei, adas pulosari,dan kayu sandel (sandelhout).

Bisul, Radang Kulit
Cuci daun murbei segar (1 genggam), lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. simpan sebentar sampai dingin saring dan dapat diminum sekaligus. Dengan merebus cara seperti ini berguna untuk membersihkan darah.

Luka, Borok
Cuci bersih daun murbei segar, lalu oleskan minyak kelapa, bakar supaya layu diatas api, kemudian remas dengan jari tangan sampai layu. Pakai daun untuk menutupi luka, sebelumnya, cuci luka terlebih dahulu dengan rebusan akar trengguli.

Digigit Ular
Cuci daun murbei segar (20 g), lalu giling halus, tambahkan 1/2 air masak, lalu saring dan peras, Minum air yang terkumpul sekaligus.

Berkeringat Malam
Rebus daun murbei kering yang telah dijadikan serbuk (6-9 g), dengan air beras sampai mendidih, diminum setelah dingin.

Rematik
Rebus ranting murbei kering (15 g), dengan air bersih (3 gelas), sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, silahkan disaring dan cara minumnya sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Disqus Comments