-->

Manfaat Buah Bit Menangkal Penyakit

Manfaat Buah Bit Menangkal Penyakit. Bit atau Beetroot dalam bahasa asing sebenarnya sejenis sayuran berbentuk umbi-umbian, tapi karena warnanya yang cerah serta kadar gulanya yang tinggi sehingga rasanya manis, bit kerap di sebut sebagai buah-buahan. Umbi bit atau beet mempunyai nama ilmiah Beta vulgaris dari kelompok Amaranthaceae. Diketahui tanaman ini berasal dari Erofa selatan yang di Indonesia sedikit susah untuk menemukannya. umbi bit ini langsung terkenal setelah diketahui terkandung banyak senyawa positif seperti pigmen betalain, antioksidan yang tinggi, tentu saja sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas bahkan kandungan vitamin C-nya dapat digunakan untuk memperlambat penuaan.

Bit sejak zaman romawi telah dipergunakan sebagai konsumsi yang mahal, dimana harga buah bit ini setara dengan harga perak pada waktu itu dan dipersembahkan kepada raja Apollo di kuilnya di Delphy. Raja Romawai sendiri dalam mengonsumsi buah bit ini memerlukan resep yang sangat khusus dan mesti di padukan dengan madu dan anggur. History of Beetroot. http://www.lovebeetroot.co.uk.

Kandungan Bit


Kandungan bit mempunyai nutrisi yang sangat besar menurut penilaian whfood. Berikut grafik Food Rating Sistem yang ada dalam buah bit adalah : Folat 34%, mangan 28%, kalium 15%, tembaga 14%, serat, 14%, magnesium 10%, fosfor 9% vitamin C 8%, besi 7%, vitamin B6%.

Sedangkan Table kandungan gizi secara umum per 100 gram menurut Tabel Komposisi Bahan Pangan Indonesia (TKPI) adalah :

Energi 41
Protein 1.6 gram
Lemak 0.1 gram
Karbihidrat 9.6 gram
Kalsium 27 mg
Fosfor 43 mg
Besi 1 mg
Vitamin A 20 RE
Vitamin B1 0.02 mg
Vitamin C 10 mg
BDD 75%.


Bit memiliki fitonutrien yang sangat unik disebut betalains terutama betanin dan vulgaxanthin yang sangat dominan dalam memberikan antioksidan serta anti-inflamasi dalam detoksifikasi.

Dalam studi laboratorium baru pada sel tumor manusia, pigmen betanin dari bit telah terbukti mengurangi pertumbuhan sel tumor melalui sejumlah mekanisme, termasuk inhibisi enzim pro-inflamasi (khusus, enzim siklooksigenase). Jenis sel tumor diuji dalam studi ini termasuk sel-sel tumor dari usus besar, lambung, saraf, paru-paru, payudara, prostat dan jaringan testis. 

Universitas of Extere menyatakan bahwa kandungan nitrat dalam bit mempu meningkatkan stamina hingga 16% tentu saja sangat berguna bagi olahragawan yang membutuhkan stamina yang prima.

Meminum 1/2 liter Jus bit mampu memperbaiki kesehatan serta menurunkan tekanan darah karena kandungan nitrat yang tinggi pada sayuran bit. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian oleh  Barts and London Medical School. (The Miracle of Vegetables).

Selain itu kandungan vitamin C, kalium, magnesium, zat besi, serta serat dapat dimanfaatkan untuk memperkuat tulang dan gigi, serta tembaga mampu memberikan kontribusi dalam pembentukan sel darah merah.

Dengan kandungan serta khasiat dari bit yang sangat besar, tak ayal lagi bit menjadi salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi secara rutin demi menjaga serta memeberikan kesehatan tubuh agar lebih baik.

Disqus Comments