-->

Tanaman Obati Sakit Pinggang

Tanaman Berkhasiat untuk Mengobati Sakit Pinggang. Sakit pinggang merupakan penyakit yang biasa dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Biasanya penyakit sakit pinggang menimpa orang yang sudah tua atau seseorang yang terlalu keras bekerja sehingga menyebabkan pinggangnya sakit.

Banyak faktor seseorang terkena sakit pinggang, mungkin karena sakit pinggang akibat hentakan pada jaringan otot secara tiba-tiba (Jaringan penyokong), atau sakit pinggang karena mempunyai penyakit radang sendi (arthritis) dan tulang keropos (osteoporosis), bisa juga karena seseorang mempunyai sakit ginjal sehingga berdampak pada pinggang yang terasa pegal dan sakit, atau bisa jadi karena pemakaian sepatu berhak tinggi/High heels (biasanya para wanita) yang membuat pinggulnya naik dan menimbulkan beban berlipat pada pinggangnya lalu kemudian pegal dan sakit, atau lain sebagainya.


Tanaman Obati Sakit Pinggang


Sebenarnya sakit pinggang dapat sembuh dengan sendirinya jika rajin olahraga serta pola hidup sehat. Bagaimana jika sakit pinggang tersebut terus menerus dan lama sembuhnya dan juga sering kambuh.? Berikut tanaman atau tumbuhan yang dapat mengatasi sakit pinggang secara alami tanpa efek samping.

Daun Dewa
Daun dewa merupakan daun ajaib yang mampu mengusir beberapa keluhan penyakit termasuk sakit pinggang. Kandungan minyak atsiri serta senyawa flavonoidnya terbukti efektif menghilangkan nyeri dan pegal pada pinggang. Sediakan 30 g daun dewa segar bersama 30 g temulawak. Lalu direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum secara teratur.

Jahe Merah
Sifat jahe yang hangat serta kandungan asam amino, zingiberin, kamfer fellangren dan lain-lain (baca khasiat jahe) terbukti efektif hilangkan pegal dan sakit di pinggang. Caranya dengan menyediakan dan memarut 3 rimpang jahe dicampur dengan asam jawa yang sudah masak, aduk hngga rata, lalu oleskan pada pinggang dan sendi-sendi yang pegal dan sakit.

Cabe Merah
Cabe mempunyai sensasi panas yang jarang di punyai tanaman lain, kandungan capsaicin yang terkandung dalam cabe mampu meningkatkan kalori serta meredakan pegal dan nyeri di tubuh (baca Khasiat cabai merah obati penyakit). Caranya sediakan dan tumbuk cabe rawit atau cabe merah biasa secukupnya, tambahkan irisan jahe secukupnya, Setelah itu rendam selama 3 malam dengan menggunakan alkohol 75% secukupnya. Selesai direndam oleskan dan pijat area pinggang yang sakit secara teratur.

Kumis kucing
Kumis kucing mempunyai kandungan minyak atsiri, zat samak, orthosiphonglikosida dan lain-lain (baca Khasiat kumis kucing). Kandungan tersebut dipercaya  mempunyai keampuhan juga untuk hilangkan sakit pinggang dan encok. caranya dengan merebus 30 g daun kumis kucing beserta 30 g daun meniran dengan 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. lalu saring dan minum pagi, siang, dan sore masing masing 1/2 gelas secara teratur.

Buah takokak
Sepintas buah takokak tak begitu berbeda dengan buah leunca. Buah takokpun dapat hilangkan pegal dan nyeri pada pinggang. Caranya sediakan 100 g buah takokak yang masih segar dicampur dengan rambut jagung 30 g, 20 g jahe, dan 10 g adas Rebus dengan menggunakan 600 ml air sampai tersisa separuhnya. Minum ketika masih hangat.

Akar Ilalang
Akar ilalang sangat mudah didapat dan tersedia dimana-mana cukup rebus akar ilalang secukupnya dengan menggunakan 600 ml air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin diminum pagi sore secara teratur.

Bakung Putih
Bakung putih mempunyai sifat antiswelling (penghilang bengkak) dan analgesik (penghilang sakit) sangat pas jika dijadikan penghilang rasa sakit pada pinggang. Bakung putih juga dapat hilangkan rematik dan keseleo. (baca khasiat bakung putih). Caranya sediakan daun bakung seperlunya lalu haluskan bersama 10 g jahe merah. Setelah itu oleskan pada pinggang yang terasa sakit Ingat bakung putih sedikit beracun jangan sampai diminum tanpa resep dokter atau herbalis terpercaya.

Itulah beberapa tanaman yang berkhasiat unuk atasi sakit pinggang. Bagi anda yang mempunyai keluhan sakit pinggang, dapat di coba menggunakan ramuan dari tanaman berkhasiat obati sakit pinggang seperti di ulas diatas. Terima kasih semoga bermanfaat.

Disqus Comments