-->

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa. Saat bulan Ramadhan, tentu kita menginginkan ibadah puasa kita khusu dan tak ingin terganggu oleh hal-hal kecil seperti bau mulut yang dapat mengakibatkan aktifitas keseharian kita terganggu akibat mulut kita bau karena berpuasa.  Bau mulut saat berpuasa sangatlah lazim dikarenakan kondisi perut yang kosong mengakibatkan nafas kita mengeluarkan bau tak sedap.


Baca juga
Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami
Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Sebenarnya banyak penyebab bau mulut itu sendiri, tapi hal yang sering dijumpai adalah karena orang tersebut tidak bisa menjaga kebersihan mulutnya sendiri. Adapun penyebab bau mulut yang sering dijumpai diantaranya adalah :

  • Penyakit, seperti infeksi rongga mulut, infeksi saluran pernapasan, penyakit hati, diabetes dll
  • Masalah gigi, tak dapat menjaga kebersihan gigi seperti timbulnya plak sehingga menimbulkan bakteri yang terselip digigi dan gusi.
  • Makanan, seperti bawang putih dan bawang bombay yang aromanya sulit dihilangkan dan dicerna oleh tubuh mengakibatkan mulut bau sepanjang waktu.
  • Merokok, dapat menyebabkan mulut bau khas rokok. Kebisaan merokok dapat mengakibatkan penyakit periodontal yang sangat berhubungan dengan masalah bau mulut.
  • Diet dan Puasa, dapat menyebabkan bau mulut. Proses menahan makan dapat menimbulkan ketoacidosis, dimana senyawa berpecah saat orang tersebut melakukan diet dan puasa.


Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa



Adapun untuk menghindari dan menjaga kebersihan mulut, terutama saat berpuasa agar tidak bau cobalah lakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Biasakan minum yang cukup setelah makan sahur sekitar 2-4 gelas. Hal ini membantu menjaga mulut kering dan dehidrasi.
  • Sikat gigi setelah makan sahur. Penting untuk menghilangkan bakteri dan kotoran sisa makanan yang terselip diantara gigi dan gusi.


Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa
Jika Anda sudah terbiasa dalam menjaga kebersihan mulut maka untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa hendaklah Anda mengikuti tips Cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa diantaranya dengan :

1. Rebusan Daun Sirih
Sirih mengandung minyak essensial yang sangat berkhasiat dalam menghilangkan bau mulut. Bahkan daun sirih dapat menghindari dan mengobati kanker mulut. Agar mulut harum tak berbau saat berpuasa cobalah rebus 2 lembar daun sirih segar hingga mendidih, lalu kumur dan minumlah satu gelas setiapkali setelah makan sahur, niscaya bau mulut akan hilang dan nafas segar sepanjang hari selama berpuasa.

2. Teh Hijau
Teh hijau mengandung zat polyphenol yang berkhasiat untuk hilangkan bau saat berpuasa. Minumlah 1 gelas teh hijau setiap setelah makan sahur agar bakteri penyebab bau mulut dapat diatasi. Hindari campuran gula saat menyeduh teh hijau.

3. Adas dan Cengkeh
Ramuan Adas dan cengkeh sangat berkhasiat dalam menghilangkan bau mulut terutama saat berpuasa. Setiap kali setelah makan sahur kunyahlah Ramuan herbal adas dan bijinya dicampur dengan cengkeh agar mendapatkan mulut yang bebas bau sepanjang hari selama berpuasa.

4. Kencur
Cara efektif dan mudah untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa adalah dengan kencur. Kencur berguna untuk mencegah infeksi mulut dan menghilangkan bau mulut akibat sisa makanan. Buatlah rebusan dari 1 parutan rimpang kencur lalu saring airnya dan minum setiap kali setelah makan sahur.

Lakukanlah cara-cara diatas untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa, pilih salah satu yang menurut Anda mudah dan gampang untuk diaplikasikannya.

Demikianlah panduan cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa, semoga dalam beribadah puasa dapat terlaksana dengan penuh khidmat dan kekhusuan. Terima kasih, Semoga bermanfaat.

Disqus Comments