-->

11 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

11 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan dan Kecantikan. Di Indonesia Buah markisa (Passiflora quadrangularis L) banyak ditemukan didaerah dataran tinggi 1000-2000 m dpl. Tetapi, buah markisa dapat juga tumbuh di dataran rendah sampai 600 m dpl pada iklim basah. Buah markisa dinamakan juga buah konyal yang beredar di Indonesia sebetulnya banyak, tetapi yang paling dominan adalah buah markisa ungu (passiflora edulis) dan buah markisa yang berwarna kuning (passiflora flavicarva), kedua jenis markisa tersebut memiliki rasa yang cukup asam manis dan segar. Keunikan buah markisa adalah bijinya yang diambil untuk dimanfaatkan.

Buah markisa dapat dikonsumsi langsung ataupun dijus, banyak minuman sari yang diekstrak dari buah markisa. Buah markisa juga sangat kaya akan kandungan air sehingga buah ini sangat menyegarkan. Kandungan lain yang terdapat dalam buah markisa adalah Vitamin B1, B2, Vitamin C, Kalsium, fosfor, zat besi, serta serat. Semua kandungan gizi tersebut mempunyai manfaat serta khasiat bagi kesehatan. Adapun manfaat buah markisa untuk kesehatan diantaranya:

11 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan



Multivitamin terbaik
Vitamin C yang terkandung dalam buah markisa merupakan antioksidan alami sehingga dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam 100 g buah markisa mengandung 30 mg vitamin C, 1275 IU Vit A, dan sejumlah mineral seperti kalium, mineral, kalsium, magnesium dan zat besi.

Baik untuk penderita asma
Buah markisa dengan vitamin C-nya yang besar, ternyata mempunyai efek untuk memblokir histamin sebagai penyebab penyakit asma.

Mencegah Kanker
Pada kulit dan biji yang berwarna warni menunjukan buah ini kayak akan kandungan antioksidan sebagai penghambat radikal bebas yang sangat baik untuk mencegah terjadinya aneka macam jenis kanker.

Baik untuk penderita Insomnia
Efek relaksasi yang terkandung didalam buah markisa ternyata membantu untuk menenangkan penderita insomnia. Dengan menenangkan saraf serta pikiran membuat penderita insomnia dapat segera terbantu.

Kaya akan serat
Kandungan serat yang sangat kaya pada buah markisa dapat membantu melancarkan anggota pencernaan sehingga serat tersebut dapat segera membuang semua racun yang tidak diperlukan oleh tubuh. Buah markisapun dapat dijadikan sebagai pencahar ringan.

Baik untuk teman diet
Untuk Anda yang sedang menjalani diet memang sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan. Ada baiknya gunakan juga buah markisa sebagai teman diet yang baik karena dalam buah markisa disamping mengandung serat juga rendah akan kalori, sodium dan lemak sehingga Anda tidak khawatir akan mengalami kegemukan.

Baik untuk mata
Vitamin A yang terdapat dalam buah markisa sangat membantu untuk menjaga serta memulihkan kesehatan mata. Bagi Anda yang menginginkan mata yang sehat maka Seringlah konsumsi buah markisa untuk perawatan mata.

Mengontrol tekanan dalam darah
Jika rutin mengonsumsi buah markisa setiap hari, maka tekanan darah dalam tubuh akan sangat terkontrol karena kalium yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. Kalium merupakan mineral yang bertindak sebagai vasolidator.

Baik untuk ibu hamil
Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung alangkah baiknya untuk rutin mengonsumsi buah markisa karena asam folat yang ada dalam buah markisa mampu menjaga kesehatan ibu dan janin seperti membantu meningkatkan sel darah merah, membantu pertumbuhan jaringan pada bayi, serta menghindari bayi lahir cacat.

Baik untuk ibu menyusui

Kecantikan kulit
Vitamin C yang terdapat pada buah markisa sangat penting untuk pertumbuhan kolagen. Kekurangan kolagen akan mempercepat pengeriputan pada kulit. Kemudian vitamin A pada markisa mampu mempromosikan pertumbuhan pada jaringan kulit sehingga kulit dapat sehat dan cantik terjaga.

Sebenarnya tidaklah sulit mengkonsumsi buah markisa setiap hari. Untuk itu konsumsilah secara rutin buah markisa sebagai penjaga kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Disqus Comments