-->

Macam-macam makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Macam-macam makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Ibu hamil tentu menginginkan kondisi bayi dalam perutnya terlahir sehat secara sempurna. Macam-macam makanan sehat serta bergizi-pun disiapkan untuk membentuk kehamilan sehat yang dijalani oleh ibu serta bayi yang dikandungnya. Pilihan makanan yang mengandung gizi, vitamin, serta protein yang mampu memberikan kesehatan bagi otak dan tubuh bayi haruslah dipersiapkan.

Namun, bagi ibu yang sedang mengandung hati-hati juga dalam memilih makanan dan minuman yang sehat. Beberapa makan yang sehat dan bergizi secara fisik belum tentu baik bagi ibu serta janin yang dikandungnya. Ada beberapa makanan yang mesti di hindari oleh ibu hamil agar bayi dalam kandungannya aman serta terjaga dari berbagai macam penyakit yang berefek pada kesehatan bayi. berikut  Macam-macam makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Macam-macam makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil


Minum alkohol
Jika Anda seorang ibu peminum minuman yang mengandung alkohol hendaklah lekas berhenti minum alkohol, makin cepat makin baik karena Bagi ibu hamil dilarang keras untuk minum yang mengandung alkohol, kenapa.? karena alkohol dapat berefek langsung terhadap janin yang dapat mengakibatkan janin mengalami risiko ketidak normalan seperti keguguran, gangguan pertumbuhan, keterlambatan mental, abnormalitas bentuk wajah atau tubuh, hingga bayi lahir mati dan beberapa jenis kanker yang diakibatkan alkohol.

Merokok
Merokok atau menghisap asap rokok dengan kandungan tembakaunya yang tinggi sangat membahayakan bagi tubuh ibu dan juga pertumbuhan janin yang dikandung. Kandungan nikotin, tar, logam timah, karbon monooksida dll memberikan efek yang tidak baik bagi perumbuhan ibu dan janinnya. Kecenderungan bayi lahir dari ibu yang perokok aktif dapat mengakibatkan bayi lahir prematur, ukuran bayi kecil, masa lahir tak normal, abnormalitas plasenta, kematian perinatal, dll. Merokok juga dapat memberikan efek jangka panjang yang tidak baik bagi bayi seperti keterbelakangan mental serta kemampuan intelektual yang rendah.

Kafein
Kandungan kafein yang besar biasanya terdapat pada aneka kopi, teh, cola dan juga minuman ringan lain. Coklat juga mengandung kafein walau jumlahnya tidaklah besar. Ibu hamil sebaiknya meninggalkan Makanan yang mengandung kafein. Kafein dapat menyebabkan dada berdebar lebih lama, menjadikan denyut jantung Anda dan bayi tidak teratur, meningkatkan hormon penyebab efek stress serta lainnya. Ibu hamil sebaiknya Hindari asupan kafein berlebihan.

Daging mentah
Aneka macam daging mentah atau daging yang di buat tidak masak (setengah matang) harus dihindari oleh ibu yang sedang hamil. Pada daging mentah terkandung Toksoplasmosis yaitu parasit yang dapat mengakibatkan infeksi janin.

Toksoplasmosis juga terdapat dalam sayuran yang tidak dicuci dengan baik. Masaklah daging dengan matang agar terhindar dari bakteri dan parasit. Pastikan juga sayuran terutama salad dicuci hingga bersih.

Daging dan telur ayam setengah matang
Daging dan telur ayam tentu sangatlah baik dan bergizi untuk membenatu pertumbuhan ibu dan janin. Namun, jika daging dan telur ayam dibuat tidak masak hal ini tidaklah baik untuk ibu hami. Sebab, dikhawatirkan daging dan telur yang kurang matang terkandung salmonela yaitu penyebab diare berat terhadap ibu hamil. Pastikan ibu hamil menyantap daging dan telur ayam yang sudah matang.

Ikan bermerkuri tinggi
Ikan yang mengandung merkuri tinggi biasanya terdapat pada ikan yang besar seperti ikan todak, ikan hiu, bahkan juga ikan makerel raja. Ikan merupakan sumber protein yang baik bagi ibu dan perkembangan otak janin jabang bayi. Maka dari itu hindarilah memakan ikan secara berlebihan karena kandungan merkuri yang tinggi pada ikan, dikhawatirkan dapat menganggu perkembangan otak sang bayi. Ikan tuna dan udang juga mengandung merkuri yang tinggi oleh sebab itu Konsumsilah ikan seperlunya.

Minuman yang tidak dipasteurisasi
Ibu hamil sebaiknya menghindari minuman yang tidak dipasteurisasi walaupun secara logika menyehatkan. Susu serta produk olahan susu lainnya seperti keju jika tanpa dipasterisasi atau dipanaskan secara baik dikhawatirkan masih mengandung bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada janin yang dikandung. Biasanya susu kambing dan susu sapi dapat diminum secara langsung, namun sebaiknya dipasteurisasi terlebih dahulu.

Hati
Hati sapi atau hati ayam adalah daging yang mengandung vitamin A yang sangat tinggi dan baik. Namun, bagi ibu hamil mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dapat merusak dan membahayakan janin. Oleh sebab itu ibu hamil sebaiknya mengurangi dan membatasi makanan kaya vitamin A tinggi seperti yang terdapat pada hati.

Obat tanpa resep
Ketika sedang hamil Anda mungkin merasa mual, pusing, tak enak badan serta lainnya. Tidak nyaman rasanya jika tidak diobati. Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya hindari meminum obat tanpa resep dari dokter terpercaya. Tidak semua obat baik bagi Anda dan janin yang dikandung, beberapa obat mungkin dapat merusak janin yang Anda kandung tanpa Anda sadari. Obat-obatan yang dijual bebas sebagian tidak aman bagi janin yang Anda kandung. Oleh karena itu konsultasikan terlebihg dahulu jika Anda merasa sakit dan butuh bantuan obat dengan dokter spesialis terpercaya.

Disqus Comments