-->

Mengenal Khasiat Tanaman Herba Portulaka

Mengenal Khasiat Tanaman Herba Portulaka. Portulaka atau nama botaninya portulaca grandiflora Hook, Di Indonesia biasa disebut Bunga Pukul Delapan dari suku portulacaceae, tanaman portulaka ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Nama daerahnya Kembang tabuh delapan, bunga pegawai tinggi, sutera bombay, apulaka, dan cantik manis. Sedangkan nama asingnya adalah Ban zhi lian (Cina), rose-mose, sun plant (Inggris). Portulaka berasal dari Brazilia. Biasanya ditanam sebagai tanaman hias dipekarangan atau ditaman-taman. Herba ini memerlukan sinar matahari penuh agar tumbuh subur dan berbunga meriah. Tanaman ini biasa didapatkan pada dataran rendah hingga ketinggian 1.400 m dpl.

Sifat dan Khasiat Portulaka
Rasa pada tanaman herba ini adalah pahit, sedikit dingin. Berkhasiat antiradang, penghilang nyeri (analgesik), penghilang bekuan darah, dan menghilangkan bengkak.



Kandungan Kimia Portulaka
Seluruh herba mengandung portulal, bunga dan batang mengandung betanidin dan betacyanin. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah seluruh herba dalam bentuk segar. Berkhasiat mengobati sakit tenggorokan, radang hati (hepatitis) dan bengkak akibat benturan (memar).

Cara pemakaian
Rebus seluruh herba (15-30 g) dan minum stelah dingin. Bisa juga dijus, lalu minum.
Untuk pemakaian luar, cuci herba segar secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Tempelkan pada bagian yang sakit, seperti memar, koreng, bisul atau gigitan serangga. Lalu balut. Air perasan gilingan herba segar juga bisa digunakan untuk mencuci dan mengompres ekzema, luka bakar,atau tersiram air panas.


Mengenal Khasiat Tanaman Herba Portulaka


Sakit tenggorokan
Cuci herba portulaka segar, setelah itu tumbuk hingga halus dan peras sampai airnya terkumpul satu cangkir. Lalu tambahkan sedikit boraks, kemudian air perasan dipakai untuk kumur-kumur.

Sakit Kepala
Cuci bagian portulaka segar, kecuali akar (30 g). Tambahkan 2 gelas air, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. jika sakit berulang, lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Hepatitis
Sediakan portulaka yang segar (30 g), kemudian tumbuk hingga halus. Ambilah perasan dari tumbukan tersebut dengan menggunakan sepotong kain. Minum air perasannya sekaligus 2-3 kali setiap hari hingga sembuh.

Ekzema pada bayi
Carilah herba portulaka yang segar secukupnya kemudian cuci hingga bersih, tumbuk hingga halus. kemudian peras airnya hingga cukup untuk mengompres ekzema.

Bisul, Koreng
Sediakan Tangkai portulaka yang masih segar, cuci hingga bersih, setelah itu tumbuk agar herba menjadi halus. Kemudian bubuhkan tumbukan herba tersebut pada bisul atau koreng. Balut dan ganti 2-3 kali dalam sehari.

Disqus Comments