-->

Manfaat Tanduk Rusa

Manfaat Tanduk Rusa. Yang terbayang dari tanduk rusa itu ialah tanduk dikepala rusa atau menjangan, bukan.! kita sedang membahas tentang manfaat dan khasiat dari tanaman tanduk rusa, bukan tanduk yang ada dikepala rusa hehe..  Tanduk rusa (Platycerum alcicorne Gaud) atau simbar menjangan merupakan tanaman jenis paku-pakuan yang berasal dari daerah tropis. Tanaman ini ditemukan dibeberapa negara Asia dan Amerika Selatan. Disebut tanduk rusa karena penampilannya mirip dengan tanduk rusa.

Yang disebut tanduk sebenarnya adalah batang palsu tanaman ini. Batang palsu tersebut berwarna hijau, sehingga orang mengira bagian tanaman tersebut adalah daun (digunakan sebagai obat). Munculnya dari sela-sela daun yang tumbuh bergerombol. Padahal daun yang sebenarnya berwarna coklat. Tanaman ini hidup menempel pada tanaman lain tapi bukan parasit, karena tanaman ini mempunyai sifat elpifit atau tak merugikan kepada tanaman inangnya. Orang sunda menyebutnya paku uncal. Nama lain tanduk rusa adalah pakis tanduk menjangan, simbar agung, dan simbar menjangan.


Kandungan Tanduk Rusa


Tanaman tanduk rusa ini masuk kategori tanaman hias, indah dipandang, serta memberi kesan asri pada lingkungan sekitar. Makanya harganyapun cukup mahal, bahkan tanduk rusa yang besar serta juntaian daunnya banyak dan indah mencapai $50 bahkan lebih. Jadi harus berpikir ulang jika dijadikan obat untuk mengobati penyakit ringan. Tapi jika yang kecil harganya sangat terjangkau.

Kandungan didalam tanaman tanduk rusa belum pernah diteliti, namun telah terbukti berkhasiat menyembuhkan penyakit gondok, bisul, abses, radang rahim, dan demam setelah melahirkan.

Gondok

2 lembar daun tanduk rusa dicuci, lalu digiling sampai halus, tambah garam dan air secukupnya. Dioleskan pada bagian yang sakit sebanyak 2 kali sehari.

Radang Rahim

3 lembar daun tanduk rusa dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan garam dan air secukupnya, lalu remas-remas. Dioleskan dibagian yang sakit, yaitu perut bagian bawah sebanyak 2 kali sehari.

Demam Setelah Melahirkan

1 lembar daun tanduk rusa dicuci sampai besih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan secangkir air matang dan garam secukupnya. Peras dan saring. Minumlah air tersebut 2 kali sehari.

Bisul dan Abses

Cuci bersih satu lembar daun tanduk rusa, lalu tumbuk sampai halus bersama satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Kemudian kompreskan pada bagian tubuh yang sakit.

Disqus Comments