-->

12 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

12 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan. Kembang kol (Brassica oleracea var. brotrytis) termasuk sayuran dari jenis kubis-kubisan yang paling rendah kadar klorofilnya. Kembang kol memiliki bunga berwarna kuning yang cukup panjang dan tumbuh di batang yang termodifikasi dengan sangat cantik.

Di pasaran ada dua tipe kembang kol yg tidak sedikit dipasarkan, adalah kembang kol putih & kembang kol kuning, di luar negara bahkan adapula yg berwarna hijau & ungu. Kalau di bandingkan dalam factor mutu gizi & manfaat lain yg dipunyai, kembang kol yg berwarna jauh lebih baik daripada kembang kol putih. Warna terhadap kembang kol menunjukan tingginya kadar karotenoid yg amat bermanfaat bagi kesehatan.



Rendah Kalori 
Dalam kembang kol komponen gizi yg paling tidak sedikit ditemukan yakni air, mencapai 90%. kembang kol gampang rusak terutama apabila disimpan diudara terbuka. Kandungan karbohidratnya amat sedikit, sedangkan lemak & kolesterolnya nyaris dikatakan tak ada. 

Kaya Serat 
Serat makanan yg terdapat dalam kembang kol amat sangat dibutuhkan buat melancarkan pencernaan. Bagi pengidap diabetes melitus, serat makanan yg larut dalam air amat sangat menunjang menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Serat dapat memperpanjang diwaktu penyerapan karbohidrat, maka kadar gulapun tak melonjak drastis. 

Pengganti Menu Gula 
Utk ganti menu yg mengandung gula dapt menyantap sup kembang kol, kembang kol akan mengenyangkan tapi rendah karbohidrat, maka akan menahan nafsu makan bagi pengidap diabetes melitus atau hiperglikimia. 

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah 
Kalsium & magnesium tidak sedikit terdapat dalam kembang kol. Ke-2 mineral ini amat membantu utk menjaga kestabilan tekanan darah. Keduanya akan meminimalkan pengaruh jelek makanan yg kadar garamnya tinggi. Makanan yg kadar garamnya tinggi bakal memacu hipertensi. Lantaran itu, kembang kol baik buat mnurunkan tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi. 

Sumber Vitamin C 
Kembang kol tinggi vitamin C. Badan memerlukan vitamin C buat beraneka ragam macam fungsi fisiologi terutama sbg antioksidan. Setiap saat badan memerlukan antioksidan yg banyak agar terhindar dari penyakit. 

Sumber Vitamin K 
Vitamin K berfungsi utk membekukan darah. Jika tidak ada vitamin K, bila badan kita terluka, sehingga darah yg ke luar tak bakal menggumpal. Dgn perannya ini, kembang kol baik buat dimakan oleh mereka yg mengalami perdarahan, seperti habis melahirkan atau pasca operasi. 

Kaya Kandungan Folat 
Folat difungsikan utk pertumbuhan jaringan badan yg normal. Lantaran itu, vitamin dgn lambang B9 ini amat sangat dimanfaatkan oleh ibu hamil. Kekurangan folat bakal memperbesar risiko keguguran & lahirnya bayi cacat sebab perdarahan & penyerapan makanan ke tali pusar janin yg kurang. 

Sayur AntiKanker 
Kembang kol terkenal sebagai sayur antikanker seperti kerabat kubis-kubisan lainnya, sayuran ini dapat membersihkan racun di hati yg menyebabkan kerusakan membran sel & DNA yg ada di bidang inti sel. Dalam detoksifikasi tersebut berlangsung aktifitas enzimatis. 

Menurunkan Efek Kanker Prostat 
sebuah penelitian yg dilakukan di Texas University menyebutkan bahwa konsumsi sayuran kubis-kubisan dengan cara teratur kan menurunkan dampak kanker prostat se besar 29%. Kanker prostat adalah tipe kanker yg umum menyerang laki laki lanjut usia di atas 60 th. 

Menurunkan Resiko kanker Kolon 
Dalam pengamatan di Netherland Cohort Study on Diet And Cancer, sayuran seperti kubis-kubisan paling efektif hindari8 kanker daripada sayuran lain. Dalam penelitiannya mengamati mereka yg makan non kubis-kubisan cuma menurunkan efek kanker kolon segede 25%, sedangkan yg makan kubis-kubisan turun sampai 49%. 

Menurunkan Gejala Rematik 
Kembang kol amat baik dimakan oleh orang yg mengalami rheumatoid atau rematik. Sayuran ini mengandung vitamin C yg teramat tidak sedikit, sehingga menurunkan tingkat peradangan yg berlangsung kepada penderita rheumatoid arthrithis. 

Menurunkan Kadar Kolesterol 
Bagi Kamu yg mempunyai kadar kolesterol tinggi, coba teratur konsumsi kembang kol. Dalam suatu penelitian yg dilakukan di Universuty of Hawaii disimpulkan bahwa dalam jumlah sedikit, senyawa indole-3-carbinal pada kembang kol sanggup menurunkan sekresi kolesterol & apoliprotein B-100 sampai 56%. 

Apoliprotein yaitu pembawa kolesterol jahat (LDL) yg memunculkan plak di pembuluh darah. Dalam penelitian lain disebutkan indole-3-carbinal pula dengan cara nyata menghambat sintesis lemak termasuk juga trigliserida & kolesterol ester. Dalam faktor ini kembang kol bisa menurunkan kadar kolesterol keseluruhan LDL & trigliserida.

Disqus Comments