-->

Mengenal Manfaat Labu Siam dan Khasiatnya

Mengenal Manfaat Labu Siam dan Khasiatnya. Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dimanfaatkan untuk konsumsi di negara kita ini. Sejak jaman dahulu, labu siam selain untuk di konsumsi, tanaman merambat ini mampu dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit serius seperti penyakit kolesterol, batu ginjal, hipertensi dan jantung.

Tidak seperti pada umumnya pada kebanyakan anggota famili cucurbitaceae, labu siam memiliki bentuk lebih kecil dari labu biasanya, berbentuk seperti buah pir berwarna hijau muda serta mempunyai serat pada setiap bagian lapisannya. Orang jawa menyebut pada labu siam ini dengan sebutan jipang, sedangkan orang sunda menamakannya waluh siem, adapun nama asing labu siam adalah Chayote.

Gizi dan Khasiat Labu Siam


Sumber Vitamin B Kompleks
Kandungan nutrisi yang paling menonjol pada buah ini adalah Vitamin B3, B6, dan B9 (folat). Vitamin B3 dan B6 sangat diperlukan untuk metabolisme protein dan sintetis asam lemak. Gejala umum kekurangan vitamin B3 dan B6 muncul sebagai kelainan kulit (dermatitis).

Sementara itu folat merupakan vitamin B 9 yang esensial untuk pembentukan DNA dan heme, bayi membutuhkan asam folat sebanyak 0,015 mg, remaja 14,2 mg sedangkan dewasa 0,02 mg.

Kekurangan folat untuk mibu hamil dapat m,enimbulkan penyusunan jaringan otak bayi tidak sempurna. Pada individu dewasa kekurangan folat dapat menimbulkan anemia karena folat diperlukan untuk pembentukan heme.

Baik untuk Diet Karbohidrat
Kabu siam mengandung cukup banyk karbohidrt sehingga dapat mengurangi konsumsi karbohidrat lain yang harus dihindari. Labu siam dapat memberi rasa kenyang yang relatif lama. Selain itu, dengan kadar lemak yang rendah dan serat yang tinggi, maka labu siam akn memperlancar pencernaan.

Memperlancar Aliran Darah
Labu siam bik dikonsumsi oleh para pengidap kolesterol tinggi. Buah ini mengandung saponin yang mengurangi serapan kolesterol sehingga tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam hati. Karena itu, buah ini banyak dianjurkan oleh ahli nutrisi untuk memperlancar aliran darah dan mencegah stroke.

Labu siam memiliki sejumlah alkaloid dimana hasil uji ilmiah alkaloid pada labu siam berfungsi sebagai pengencer darah dan penghalang pembentukan plak, dengan demikian labu siam baik untuk mengatasi masalah aterosklerosis dan mencegah stroke.

Antimikroba yang ampuh
Labu siam memiliki kandunga selenium yang cukup banyak (1,7 g/100 g) dan diyakini mampu berperan sebagai antimikronba yang ampuh. Seperti diketahui selenium mampu menghambat pertumbuhan kanker. Defesiensi selenium dapat mengakibatkan kuku mudah patah dan rambut rontok, para vegetarian biasanya membutuhkan selenium yang banyak.

Mengobati Hipertensi
Labu siam dipercaya sebagai peluruh kencing (efek diuretik) yang baik. Karena itu, sayuran buah ini sering digunakan sebagai obat ginjal dan untuk menurunkan tekanan darah. Dengan kemampuan tersebut, jumlah urine yang keluar dari ginjal semakin banyak.

Urine adalah sampah tubuh. Pengeluaran urine akan menurunkan retensi atau penyimpanan air di dalam tubuh. Dengan efek diuretik ini menghindari penumpukan garam yang menyebabkan kenaikan tekanan garam.

Karena itu, tepat bila labu siam digunakan sebagai obat hipertensi. Tak hanya menurunkan tekanan darah, labu siam juga mampu menurunkan kadar gula pada penderita diabetes melitus dan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol.

Disqus Comments