-->

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan. Lemon (citrus) bersifat meningkatkan kesehatan, aroma segar dan harum dari lemon sering digunakan untuk mengharumkan banyak produk rumah tangga dan kecantikan. Lemon dikenal mempunyai kandungan Vitamin C yang sangat tinggi, lemon telah terbukti membantu melawan infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan meningkatkan upaya penurunan berat badan

Lemon, juga disebut dengan nama Latin Citrus limon,  merupakan tanaman asli Asia. Pohon lemon diperkenalkan ke Eropa, tapi tidak banyak dibudidayakan di sana sampai abad ke-15, Christopher Columbus memperkenalkan benih lemon ke Amerika selama perjalanannya. Lemon diproduksi secara komersial di Cina dan Meksiko, serta negara-negara Amerika Selatan dari Brasil dan Argentina.


Kandungan Buah Lemon


Lemon hampir semua fisik buahnya bermanfaat bagi kesehatan. Jus Lemon sering banyak digunakan untuk  kesehatan yang mudah diekstrak. Lemon jus adalah asam (pH 2-3) terdiri dari sekitar 5% Asam Sitrat. Daun dari pohon lemon dapat digunakan untuk membuat teh dan bumbu saat memasak daging dan makanan laut.
Buah dan kulit yang digunakan dalam penyusunan makanan dan minuman untuk rasa dan aroma. komponen yang sangat serbaguna adalah minyak esensial yang terkandung dalam kulit tersebut. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan di bawah ini.

Lemon dapat berfungsi membantu kesehatan dalam berbagai bentuk, termasuk sebagai minyak esensial untuk dihirup atau dioleskan, bisa sebagai jus, teh, dijadikan air mandi atau mencuci wajah dan tubuh. juga dapat digunakan sebagai antibakteri alami.

Vitamin C
Lemon mengandung vitamin C, satu lemon memberikan lebih dari 60 persen nutrisi dari tunjangan harian yang direkomendasikan. Lemon juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya.

Minyak Atsiri
Minyak esensial lemon berasal dari kulit, yang membuat naik sekitar 45 persen dari lemon tersebut. Minyak Lemon mengandung sekitar 70 persen limonene dan sekitar 20 persen monoterpen lainnya. Minyak ini juga mengandung sekitar 6 persen aldehida, alkohol, dan ester, seperti citral dan linalool, dengan konsentrasi kurang dari 1 persen dari kumarin.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang paling menarik dari lemon dan minyak esensial :

Minyak Esensial Lemon
Minyak esensial lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ditambah dengan aroma yang menyenangkan dan berbeda dengan aroma yang lain, sebagian menyebut minyak aromaterapi yang disukai. Digunakan pada tubuh dengan cara diambil secara internal jika diencerkan, atau dioleskan untuk berbagai kondisi.

Meningkatkan mood
Studi yang dilakukan oleh The Ohio State University menunjukkan bahwa jika subjek terkena aroma minyak lemon secara konsisten berpengaruh dengan suasana hati yang lebih baik dan lebih positif, menunjukkan efek fisik dan emosional yang berpengaruh baik terhadap otak.

Meningkatkan energi dan kewaspadaan
Aroma lemon juga dapat meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kewaspadaan, fokus, mental, dan kejelasan. Efek revitalisasi minyak lemon adalah karena aroma semangat dan energi-nya. Minyak lemon juga dapat diambil secara internal untuk meningkatkan energi.

Sifat antimikroba
Minyak lemon memiliki sifat antimikroba, sehingga sangat baik untuk mengurangi berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur. Hal ini dapat digunakan secara internal untuk membantu terhadap gejala pilek dan flu dan membantu melancarkan pencernaan.

Mengatasi Jerawat
Asam sitrat dan vitamin C yang terkandung dalam lemon telah terbukti bisa menyembuhkan jerawat. Lemon juga membunuh banyak bentuk bakteri yang diketahui penyebab jerawat. Minum jus lemon setiap hari adalah cara termudah untuk memasuki tahap-tahap penyembuhan. Menambahkan madu atau mawar dengan lemon dan dioleskan didaerah kulit yang terkena jerawat telah terbukti menjadi cara yang efektif. dilakukan rutin sekitar 2 jam perhari. atau mengoleskan minyak lemon langsung kedaerah kulit yang berjerawat dengan kapas kemudian dibiarkan semalaman, lalu cuci dengan air hangat. Baca juga Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Mengobati Sariawan
Lemon telah terbukti secara ilmiah sebagai antivirus dan anitbacterial. Segelas jus lemon hangat yang dicampur dengan air di sekitar mulut tiga kali sehari dapat menyembuhkan sariawan.  mungkin pada awalnya agak perih, tapi reaksi ini bagus menjadikan luka lebih steril. Baca juga Obat Tradisional Penyakit Sariawan

Menyembuhkan Demam
Lemon adalah buah yang mempunyai sifat menenangkan, jus lemon dan madu  adalah solusi yang bagus untuk demam. Mengkonsumsi setiap dua jam sampai demam reda.

Mengatasi Pilek dan Flu
Lemon memiliki efek sangat positif pada pilek dan flu. Vitamin C membantu untuk infeksi internal, sedangkan sifat antivirus dari lemon akan membantu pada selaput lendir tenggorokan dan mulut. Caranya campurkan perasan lemon dengan air hangat diminum setiap dua jam

Meringankan Eksim
Penderita eksim telah menemukan bantuan dari lemon. Encerkan sejumlah kecil minyak esensial lemon dikombinasikan dengan madu kedalam air hangat. Rendam kain kedalam larutan ini, bungkuslah pada daerah tubuh yang terkena eksim selama 15 menit dilakukan 3 kali sehari.

Melawan Kelelahan
Pelari jarak jauh dan pejalan kaki diketahui hanya menempelkan sedotan air lemon, untuk memberikan dorongan dan energi yang dibutuhkan. Jus lemon tampaknya dapat memuaskan dahaga jauh lebih efektif daripada air saja, dan rasa dan aroma tampaknya dapat memberikan rangsangan pada otak, memberikan dorongan mental yang sangat dibutuhkan juga membantu melawan kelelahan.

Lemon Peel dapat Mengurangi Kolesterol
Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa makan Lemon Peel bisa efektif dalam menurunkan kolesterol. Diperkirakan hal ini disebabkan oleh konsentrasi pektin dari Lemon sebagai bahan aktif dalam Peel.

Disqus Comments