-->

Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan. Asam jawa atau nama botaninya adalah Tamarindus Indica adalah tumbuhan berbuah polong yang buahnya berwarna coklat dengan rasa yang khas asam, biasa dijadikan penyedap masakan bagi sebagian kalangan. Pohon ini berkultivar tropis batangnya keras dan dapat tumbuh besar dan berdaun rindang.

Komposisi kandungan Asam Jawa
Buah polong asam jawa adalah salah satu Tanaman Berkhasiat yang mengandung senyawa kimia antara lain : asam appel, asam sitrat, asam anggur asam tartrat, asam suksinat, pectin, dan gula invert. Buah asam jawa yang masak dipohon diantaranya mengandung nilai  protein 2.8, kalori sebesar 239 kal per 100 gram, lemak 0.6, hidrat arang 62.5, fosfor 113 miligram, kalsium 74 miligram,  zat besi 0.6 miligram, vitamin A, vitamin B, vitamin C. Kulit bijinya mengandung pholbatanin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati. Komposisi itu dipercaya mempunyai beberapa khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya :

Asma
Cara membuatnya : Sediakan 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulawaras secukupnya, kedua bahan tersebut direbus dengan satu liter air sampai mendidih kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari.

Batuk kering
Cara membuatnya : Sediakan 3 polong buah asam jawa 1/2 genggam daun saga, kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga menyisakan 1 gelas dan disaring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore. Baca juga Obat Batuk Alami

Demam
Cara membuatnya : 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya, kedua bahan tersebut direbus dengan 1/2 liter air sampai mendidih kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari pagi sore

Sakit panas
Cara membuatnya : Siapkan 2 polong buah asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya, diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring lalu diminum seperti biasa. Resep ini tidak cocok buat ibu hamil.

Reumatik
Cara membuatnya : Siapkan 1 genggam daun asam jawa dan 2-3 biji asam jawa ditumbuk halus lalu dikompres pada bagian yang sakit.

Sakit perut
Cara membuatnya : 3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan kayu putih secukupnya semua bahan tersebut dicampur hingga merata, digunakan untuk menggosok pada bagian perut. Cara lainnya adalah : 3 polong buah asam jawa dan satu potong gula aren diseduh dengan satu gelas air panas kemudian disaring dan diminum seperti biasa.

Morbili
Cara membuatnya : 1-2 polong asam jawa yang telah masak, parutan 2 rimpang kunyit kemudian dua bahan tersebut dicampur hingga merata, digunakan sebagai bedak atau obat gosok bagi penderita morbili

Alergi
Cara membuatnya : 2-3 polong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya dan 1/4 sendok kapur sirih semuanya direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas lalu disaring. Diminum setiap hari pagi dan sore.

Sariawan
Cara membuatnya : 2 polong asam jawa, 2 rimpang temulawak, 1 potong gula kelapa semuanya direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, kemudian disaring, Diminum setiap hari pagi dan sore.

Luka baru
Cara membuatnya : Daun asam jawa secukupnya kemudian dikunyah sampai lembut lalu ditempelkan pada luka.

Luka borok 
Cara membuatnya : Beberapa biji asam jawa secukupnya lalu tumbuk sampai halus kemudian ditempel pada luka borok kemudian diperban.

Bengkak karena sengatan lebah
Cara membuatnya : 3-5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya, biji asam jawa ditumbuk halus bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan kayu putih, kemudian ditaburi atau ditempel dengan bubuk asam jawa.


Mencegah rambut rontok
Cara membuatnya : Sebelum keramas kepala dimasase terlebih dahulu dengan buah asam jawa yang telah masak yang dicampur dengan sedikit air, kemudian rambut dicuci dengan air dan silahkan keramas.

Gigitan ular berbisa
Cara membuatnya : Biji asam jawa dibelah menjadi dua, belahan bagian dalam ditempel pada luka bekas gigitan ular tersebut, jumlah bijinya sesuai dengan kebutuhan.

Terima kasih telah membaca Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Disqus Comments