-->

Manfaat Lidah Mertua

Manfaat Lidah Mertua. Lidah mertua memang bermanfaat sakti dan berkhasiat, coba saja Anda rasakan keampuhannya. Setidaknya itu pernah saya alami ketika menerima perkataan mertua, sebab jika tak didengarkan, resikonya kita bisa di pecat jadi mantu hehe..  Tapi pada saat ini kita akan membicarakan tentang tanaman hias lidah mertua, bukan tentang lidahnya mertua yang sakti itu.

Tanaman Lidah Mertua atau sansevieria trifasciata laurentii memang tak kalah hebat dengan sang mertua, tanaman ini biasa ditempatkan di halaman rumah, ditaman atau dijadikan tanaman pagar sebagai tanaman hias yang tak kalah cantik dengan lidah buaya ataupun bunga pukul empat, Kebetulan sekali di halaman rumah mertua berjejer pot yang ditanami berbagai bunga pagar hias, diantaranya terdapat tanaman lidah mertua.

Keunikan dan keindahan tanaman lidah mertua ini diantaranya  daunnya yang hijau keras mempunyai sisi ke emasan dengan bintil dan corak seperti kulit ular, orang barat menamainya snake plant karena tubuhnya berwarna seperti ular, tapi orang jawa menyebutnya tanaman pedang, lantaran kulitnya keras panjang menjulur bisa dipakai main pedang-pedangan.




Manfaat Lidah Mertua

Lidah mertua memang lebih populer dengan sebutan mother in law’s tongue, tapi lidah mertua ini mempunyai nama lain yang tak kalah ngetop, seperti browsting hemp, the devil’s luck, lucky plant, century plant, good luck plant, judas sward dan african devil’s, dengan nama botani sansevieria laurentii.
Diantara manfaat tanaman lidah mertua selain sebagai tanaman hias yang cantik, juga serat daun bunga ini dapat dijadikan tali yang lumayan alot, bisa juga dijadikan sebagai penghilang bau pada perkakas rumah tangga sekaligus mengharumkannya layaknya airfreshner yang bisa disimpan di ruangan bahkan mobil, dan yang tak kalah hebatnya, tumbuhan ini dapat menyerap dan menghisap asap rokok, polusi udara, termasuk racun dari karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Bahkan hasil penelitian NASA pada tumbuhan ini dapat menyerap racun nuklir dan menanam ribuan lidah mertua, sehingga apabila terjadi kebocoran maka tanaman ini akan meredam terlebih dahulu.
Khasiat Lidsah Mertua

Sedangkan beberapa pakar herbalis mengemukakan penelitiannya terhadap sansavieria akan khasiat dan manfaat pada daunnya diantaranya :
  • Lidah mertua mengandung saponin, pelifenol, kardenolin , dan abamagenin.
  • Bersifat sejuk, asam, dan antibiotik.
  • Mengobati flu dan batuk
  • Mengobati bronkhitis dan saluran nafas.
  • Mengobati keseleo, bengkak, dan memar.
  • Dapat mengatasi gigitan hewan berbisa.
  • Mempercepat pertumbuhan bisul.
  • Dapat menyehatkan dan menyuburkan rambut.

Adapun untuk obat yang diminum dengan menggunakan lidah mertua adalah dengan merebus 15-30 g, lalu minum pagi dan sore satu gelas. Untuk pemakaian luar, tumbuk sampai halus lidah mertua dan oleskan atau terapkan pada daerah yang terkena sakit.

Contoh pemakaian

Penyubur rambut
Cuci daun herba lidah mertua segar (2 batang), lalu potong-potong seperlunya, giling sampai halus dan tambahkan sedikit air sambil diaduk rata. Air perasan bisa langsung digunakan untuk membasahi rambut dan kulit kepala. Tutup rambut dengan sepotong kain. adabaiknya dilakukan pada sore hari setelah mandi. Pada pagi harinya rambut dibilas bersih. Lakukan 1 minggu 2 kali.

Disqus Comments