-->

Mengenal Jamur Tiram dan Khasiatnya

Mengenal Jamur Tiram dan Khasiatnya. Beberapa jenis jamur yang di konsumsi di Indonesia dan dunia mempunyai ciri-ciri yang sangat khusus serta khasiat yang sedikit berbeda dan mempunyai keunikan sehingga timbul nama-nama dari jenis jamur termasuk jamur tiram yang mempunyai keunikan serta khasiat yang sangat khusus.

Jamur Tiram mempunyai nama ilmiah Pleurotus ostreatus atau yang lebih dikenal sebagai jamur oyster mushroom. Penamaan Tiram pada jamur jenis ini dikarenakan ciri khas pada tudungnya menyerupai tiram (ostreatus latin) dan juga batangnya yang berada sedikit ke pinggir (pleurotus latin) dengan warna yang krem kadang putih pada permukaan tengahnya, adapun dagingnya berwarna putih sedikit pucat, bila bertambah tua akan semakin keras.

Mengenal Jamur Tiram dan Khasiatnya




Jamur tiram merupakan salah satu tumbuhan jamur kayu yang secara alami tumbuh pada pohon yang mengalami pelapukan, walau jamur tiram bisa juga tumbuh melalui media lain seperti sabut kelapa, kertas, tebu, bahkan kulit kacang. Jamur tiram layak konsumsi bahkan mengandung gizi yang sangat luar biasa dan harganyapun relatip lebih spesial. Tumbuhan dari Klas Bosidiomycetes ini mempunyai species yang banyak seperti jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus), tiram abu-abu (Pleurotus cystidius), dan Tiram raja (Pleurotus umbellatus).

Kandungan Jamur Tiram
Jamur tiram mengandung protein yang sangat besar 19-355, melebihi beras 7.3%, dan gandum 13,2%. Adapaun asam amino yang tak mampu disintetis oleh organ tubuh yang terkandung dalam jamur tiram diantaranya histidin, isoleusin, leusin, valin, theronin, triptofan, lisin dan fenilalanin. Kandungan lemak tak jenuh dalam jamur tiram adalah 72% sangatlah aman dan baik untuk dijadikan konsumsi harian. Jamur tiram juga mengandung vitamin B, C dan D serta mineral penting seperti  kalium, fosfor, tembaga, natrium, kalsium dan magnesium.
Dengan kandungan gizi dan protein yang sangat lenkap yang terkandung dari jamur tiram, maka jamur tiram mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya : 

Menurunkan Berat Badan 
Jamur tiram baik dijadikan pengontrol berat badan karena makanan ini kaya akan protein namun rendah kolestero dan minim akan kalori.

Menyehatkan Jantung
Kandungan mineral seperti tembaga serta kalsium dan magnesium dapat melindungi jantung hanya dengan mengonsumsi satu porsi saja per hari.

Turunkan Risiko Hipertensi dan Stroke
Kalium yang terbukti tinggi dalam jamur tiram ternyata sangat ampuh hindarkan dari penyakit stroke dan hipertensi bahkan jenis mineral ini dapat menurunkan risiko akan penyakit hipertensi.

Aman untuk Penderita Diabetes
Jamur tiram dapat menyerap kadar gula berlebih karena jamur mengandung insulin alami yang sangat cocok bagi penderita diabetes. Selain itu jamur tiram ini sangat rendah akan kolesterol yang merupakan hal yang paling dihindari bagi penderita diabetes.

Baik untuk Ibu Hamil
Nutrisi dan vitamin yang sangat lengkap ternyata sangat baik juga untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya, asupan alami yang terkandung dalam jamur tiram sangatlah cocok untuk dijadikan panduan diet bagi ibu hamil.

Itulah sedikit uraian dari kami mengenai kandungan serta khasiat jamur tiram yang dapat Anda ambil manfaatnya, terima kasih.

Disqus Comments