-->

5 Ramuan Tradisional untuk Penyakit Jantung Rematik

5 Ramuan Tradisional untuk Penyakit Jantung Rematik. Jantung Rematik merupakan penyakit katup jantung sebagai komplikasi penyakit demam rematik. Penyakit Jantung Rematik (PJR) dalam bahasa medis dinamakan Rheumatic Heart Disease (RHD) dimana adanya kebocoran dan penyempitan pada katup jantung, penyakit ini merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan pada klep jantung. Gejalanya dimulai dari timbulnya demam remiten, yaitu dengan panas tubuh tidak lebih dari 39ยบ C.

Penyakit jantung rematik memang mudah sembuh, tetapi sering kambuh. Selain demam gejala lainnya adalah perasaan lemas tidak bertenaga, timbulnya perasaan tidak enak badan tanpa sebab yang jelas, cenderung kurus, dan sering mengalami peradangan pada persendian. Radang ini di tandai dengan rasa panas, merah bengkak, dan nyeri bila ditekan pada tempat peradangan.

Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung rematik.

Ramuan 1
Buah mengkudu ________________________ 1 Buah
Kayu bidara laut  _______________________ 1/2 jari
Buah pala _____________________________1 buah
Air __________________________________ 3 gelas

Semua bahan dicuci bersih dengan air dan dimasukan kedalam wadah. Namun, untuk kayu bidara laut dan buah pala disarankan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Tambahkan air sebanyak 3 gelas, lalu dipanaskan dalam keadaan wadah tertutup hingga mendidih selama 30 menit. setelah dingin, ramuan tersebut disaring kedalam. Cairan hasil penyaringan terebut ditambah perasan buah mengkudu dan di campur hingga homogen. Ramuan ini diminum tiga kali sehari masing-masing sebanyak satu gelas. Pengobatan dengan ramuan ini dilakukan selama seminggu.

Ramuan 2
Daun sangket ________________________  10 lembar
Biji kedaung  __________________________6 biji
Rimpang dringo ________________________1 jari
Air _________________________________ 3 gelas

Semua bahan dicuci bersih dengan air, lalu dipotong kecil kecil dan dimasukan kedalam wadah yang sudah di isi dengan 3 gelas air. Panaskan wadah dalam tertutup hingga mendidih selama 30 menit. Setelah dingin, ramuan tersebut disaring. Cairan hasil penyaringan diminum dua kali sehari masing-masing sebanyak satu gelas. Lakukan pengobatan dengan ramuan ini hingga terasa sembuh dari gejala penyakit.

Ramuan 3
Daun sembung ________________________ 10 lembar
Daun sangket _________________________ 1/2 genggam
Daun kacapiring _______________________ 6 lembar
Air _________________________________ 3 gelas

Semua bahan dicuci bersih dengan air, dipotong kecil-kecil, dan dimasukanmasukan kedalam wadah yang sudah diisi dengan 3 gelas air. Panaskan bahan dalam keadaan wadah tertutup rapat hingga mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, ramuan disaring dan cairan hasil penyaringan tersebut diminum dua kali sehari masing-masing sebanyak satu gelas. Lakukan pengobatan dengan ramuan ini sehingga terasa sembuh dari gejala penyakit.

Ramuan 4
Daun sirih ____________________________ 3 lembar
Daun jinten  ___________________________5 lembar
Buah kemukus ________________________ 10 buah
Bawang merah ________________________ 2 siung
Madu  _______________________________1 sendok makan
Air matang  ___________________________1 gelas

Cara membuat
Sirih, jinten, kemukus, dan bawang merah dicuci bersih dengan air. Bahan tersebut ditumbuk halus dan diperas dengan air matang secukupnya hingga diperoleh satu gelas air perasan. Kedalam air perasan tersebut ditambahkan madu sebanyak satu sendok makan dan diminum dua kali sehari masing-masing sebanyak setengah gelas. Lakukan pengobatan ini hingga terasa sembuh dari gejala penyakit.

Ramuan 5
Daun sembung ________________________ 1/2 genggam
Daun pegagan _________________________1/2 genggam
Daun seruni putih ______________________ 1/4 genggam
Biji kedawung _________________________ 5 biji
Buah kapulaga  ________________________ 3 buah
Rimpang dringo  _______________________ 3/4 jari
Air _________________________________ 3 gelas

Cara membuat
Semua bahan dicuci bersih dengan air, dipotong kecil-kecil, dan dimasukan kedalam wadah yang sudah diisi tiga gelas air. Panaskan wadah dalam keadaan tertutup hingga mendidih selama 30 menit. Setelah dingin, ramuan disaring dan cairan hasil penyaringan diminum dua kali sehari masing-masing sebanyak satu gelas. Lakukan pengobatan ini hingga terasa sembuh dari gejala penyakit.

Disqus Comments