-->

Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang

Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang. Tahukah anda, ternyata tulang itu hidup, coba perhatikan perubahan tinggi badan ketika masih anak-anak sampai dewasa, bertambah terus bukan? Tulang memperbarui terus menerus menjaga kekuatanya, tulang rusak diganti dengan yang baru dan kuat, proses ini dinamakan peremajaan tulang.

Ada dua jenis sel utama dalam tulang, yaitu osteoklas dan osteoblas. Osteoklas bertugas merusak, menghancurkan dan membuang tulang yang sudah tua, sedangkan Osteoblas berfungsi membentuk tulang baru. Saat usia menjelang tua osteoklas lebih aktif sedangkan osteoblas kurang aktif. hal ini menyebabkan tulang banyak yang rusak. Nah untuk itu kita cari tahu apa saja penyebab dari kerusakan tulang tersebut.


Mengenal Macam-macam Penyakit Tulang




Osteoporosis
Osteoporosis, yang secara harfiah berarti tulang keropos, adalah penyakit di mana kwalitas dan kepadatan tulang berkurang. Sebagian tulang menjadi lebih rapuh dan berpori, risiko akan patah tulang sangat meningkat. Hilangnya tulang terjadi tanpa disadari dan progresif. Seringkali tidak ada gejala sampai patah tulang pertama terjadi. 

Osteoporosis biasa terjadi pada lansia, tulang akan mengalami kepadatan akibat penuaan, hal ini adalah gejala biasa, tapi gejala ini menjadi penyakit apabila tulang tersebut mudah patah, pada orang normal tulang kuat dan hanya patah jika terjadi benturan sangat keras, dan seiring bertambah usia kepadatan tulang menurun, tulang menjadi tipis dan rapuh, berkurangnya kepadatan tulang adalah gejala osteoporosis. Tulang manusia akan berkurang kepadatanya mulai usia 40 tahun. Wanita lebih banyak kehilangan tulang dibanding pria., apalagi jika menjelang monopause, hormon estrogen akan berkurang, karena hormon estrogen bertugas membentuk dan mempertahankan tulang. Baca juga macam macam penyakit rematik

Osteomyelitis
Osteomyelitis adalah infeksi pada tulang. Osteomyelitis dapat terjadi pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Berbagai jenis bakteri biasanya mempengaruhi kelompok usia yang berbeda. Pada anak-anak, osteomyelitis  sering terjadi pada ujung tulang panjang pada lengan dan kaki, meliputi pinggul, lutut, bahu, dan pergelangan tangan. Pada orang dewasa, hal ini lebih sering terjadi pada, kaki, pinggul, atau tulang tulang belakang (vertebra).

Sedanglan yang menyebabkan osteomyelitis. diantaranya adalah bakteri yang beredar melalui aliran darah (bakteremia) dan menyebar ke tulang, menyebabkan infeksi. Hal ini paling sering terjadi ketika pasien mengalami infeksi pada organ lain di tubuh, seperti pneumonia,  gigi bengkak, atau infeksi saluran kemih yang menyebar melalui darah ke tulang.

Osteomalacia
Osteomalacia adalah melemahnya tulang karena masalah dengan pembentukan tulang atau proses pembangunan tulang. Hal ini tidak sama dengan osteoporosis, yang merupakan pelemahan tulang hidup yang telah terbentuk dan sedang direnovasi.

Sedangkan penyebab osteomalacia adalah kekurangan vitamin D. Vitamin D merupakan nutrisi penting yang membantu  menyerap kalsium dalam tubuh. Vitamin D juga membantu menjaga kadar kalsium dan fosfat untuk pembentukan tulang yang tepat. Vitamin D diserap kulit dari paparan sinar UV di bawah sinar matahari, dan juga dapat diserap dari makanan seperti produk susu dan ikan. Sedangkan jika tubuh kurang vitamin D tentu tubuh tak dapat memproses kalsium kedalam tulang dengan benar

Rickets
Rickets atau Rakhitis adalah gangguan tulang pada anak-anak di mana tulang melunak dan menjadi rentan terhadap patah tulang dan deformitas.  Penyebab utama rakhitis adalah kurangnya vitamin D yakni. Tidak memiliki cukup kalsium pada tulang anak. seorang anak ketika muntah dan diare dapat penyebab menderita rakhitis,  menderita ginjal dan penyakit hati masa kanak-kanak juga dapat menyebabkan rakhitis,  Sebagian besar kasus rakhitis adalah gizi buruk. 

Rakhitis sangat berbahaya pada anak-anak, meskipun gangguan tersebut juga dapat mempengaruhi orang dewasa (osteomalacia). Dalam kebanyakan kasus, anak menderita rakhitis jangka panjang yang parah dan kekurangan gizi , biasanya terjadi pada anak usia dini.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai macam-macam penyakit tulang dan gejalanya dari Tanaman Berkhasiat, semoga ada manfaat.

Disqus Comments