-->

Manfaat Terong Sebagai Tanaman Obat

Manfaat dan Khasiat Terong Sebagai Tanaman Obat. Terung atau Terong Jenis tanaman perdu ini memiliki manfaat sebagai buah yang sering dikonsumsi sebagai sayuran maupun lalap. Terung (solanum melongena) dijawa lebih dikenal dengan sebutan Terong, mempunyai jenis yang sangat banyak, perawatan terung tergolong cukup mudah, bahkan tidak menuntut syarat tumbuh yang khusus. Terung hampir tumbuh diseluruh wilayah Indonesia, meskipun demikian terung banyak di usahakan didaerah rendah.

Deskripsi Tanaman Terong
Buah terung sangat bervariasi ditinjau dari segi warna, bentuk, dan ukuran. Ini diakibatkan oleh jenisnya yang cukup banyak. Buahnya ada yang berbentuk bulat ada pula yang memanjang, terung yang banyak dijual dipasaran adalah terung kopek, terung craigi, terung gelatik, dan terung medan. Umumnya yang disebut terung da;am literatur adalah jenis terung kopek yang buahnya bulat panjang, lurus, ujung tumpul, kulit licin dan mulus, serta berwarna ungu atau hijau muda.

Kandungan Terong
Terung mengandung vitamin A, B1, B2, B3 serta vitamin C. Didalam terung juga terdapat kandungan tannin, tiamin, solanina, solanidina, solasodina, protein, karbohidrat, glikoalkaloid, glikosidateroid, asam folat, asam klorogenat, asam arkobat, asam amino, betakaroten, hidropsi-triptamina, arginina, dan alanina.


Manfaat dan Khasiat Terung Sebagai Tanaman Obat


Berak Darah
Sebanyak satu buah terong yang masih bertangkai dipanggang hingga menjadi arang. Selanjutnya terung tersebut ditumbuk hingga menjadi bubuk. Untuk pengobatan, sebanyak 3 g bubuk dicampurkan dengan anggur dan minuman 2 kali sehari. Selain buah terung, dapat digunakan daun terung untukpengobatan berak darah ini. Caranya daun terung dikeringkan diatas api, lalu tumbuk hingga menjadi bubuk. Sebanyak 6 g bubuk tersebut divampurkan dengan rebusan air garam. lalu diberikan kepada penderita.

Bronkhitis
250 g terung dan 60 g daun lidah buaya (dikupas kulitnya), 15 g jamur putih kering (direndam dahulu sampai lembut), direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring dan airnya diminum hangat-hangat. Sedangkan terung dan jamurnya dapat dimakan lakukan secara teratur 2 kali sehari

Batuk
Sebanyak 30 g terung yang sudah tua dikupas kulitnya, lalu direbus. Sambil direbus kedalamnya ditambahkan sedikit gula merah. Setelah matang terung dapat disajikan kepada sipenderita.

Rematik dan Radang Sendi
Sebanyak 15 g akar terung direbus, lalu airnya diberikan kepada penderita. Selain cara tersebut, cara lainnya adalah dengan merebus 100 g akar terung dalam 500 g anggur putih (dapat menggunakan sake) selama satu minggu. Untuk pengobatan, ambil 25 ml anggur tersebut, lalu berikan kepada penderita.

Radang Tenggorokan kronis
Akar terung dan gula secukupnya dibuat sirop dengan cara direbus. Sebanyak 50 ml sirop dihidangkan kepda penderita sebanyak 2-3 kali sehari.

Luka Gigitan Ular
Seluruh tanamannya bagian terung direbus kedalam air, lalu air rebusannya diminumkan sebanyak-banyaknya kepada penderita selama 2 jam setelah digigit, selanjutnya, penderita dibawa kerumah sakit.

Gatal-gatal karena Alergi Cuaca
Seluruh bagian tanaman terung direbus kedalam air hingga mendidih, lalu air rebusannya dibasuhkan atau dicucikan kebagian yang sakit.

Luka Bengkak karena Infeksi
Sebanyak satu buah terung dilumatkan, lalu dibubuhkan kebagian yang luka.

Wasir
100 g terung, 90 g daun lidah buaya (dikupas kulitnya), 60 g daun selada direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum, bahan-bahan lainnya dapat dimakan.

Disqus Comments