-->

Kunyit Menghindari Alzheimer bagi Lansia

Kunyit Menghindari Alzheimer bagi Lansia. Ternyata kunyit yang banyak dipakai sebagai bumbu masak, terutama dalam aneka masakan di restoran Padang, banyak manfaat bagi kesehatan. Berkat menyantap masakan yang banyak mengandung kunyit tersebut masyarakat berusia lanjut bisa terhindar dari penyakit alzheimer. Baca Khasiat kunyit untuk kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan Dr.Sally Fraitschy dan rekan-rekannya dari Universitas California Los Angeles, AS, kunyit yang nama genusnya curcuma bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur tetapi juga sebagai tumbuhan obat. Salah satunya bisa menekan risiko penyakit alzheimer.


Kunyit Menghindari Alzheimer bagi Lansia


Penelitian yang mereka lakukan terhadap tikus menunjukan bahwa kunyit bisa mengurangi plak protein atau amyloid dalam sel otak, dan juga mengurangi respon otak terhadap amyloid ini. Adanya plak protein merupakan tanda timbulnya alzheimer.

Selama ini kunyit juga banyak dipakai untuk bahan ramuan tradisional sebagai antioksidan dan antiperadangan yang kuat.

Dalam riset di laboratorium, frautschy memberi makanan kunyit kepada tikus berusia sembilan bulan dan 22 bulan. Semua tikus tersebut disuntik dengan amyloid sehingga menyerupau penyakit alzheimer.

Hasilnya menunjukan, kunyit dapat mengurangi jumlah akumulasi beta-amyloid serta hilangnya protein didalam sinapsis, atau penghubung antara sel saraf yang menjadi bagian penting daya ingat. Demikian penjelasan singkat dari riset tersebut.

Dengan demikian alangkah baiknya bagi orang tua lansia untuk selalu menyertakan masakan dengan bumbu kunyit agar dapat terhindar dari penyakit alzheimer.

Disqus Comments