-->

Buah Pisang Makanan Penambah Energi

Buah Pisang Makanan Penambah Energi. Pisang merupakan buah yang sudah dikenal diberbagai kalangan, mulai dari bayi sampai manula. Buah ini kaya akan manfaat. Pisang memberikan energi dan mineral-mineral yang bermanfaat seperti potasium untuk para olahragawan terkemuka. Nikmati buah ini atau tambahkan dalam sereal, roti isi, atau salad yang manis dan lezat.

Kandungan gizi buah pisang


Vitamin B6
Vitamin E
NSP (serat)
Potasium
Gula alami 
GI 55

Kelebihan buah pisang


  • Meningkatkan energi selama berolahraga.
  • Segelas air putih dan sebuah pisang dapat menggantikan minuman olahraga yang mahal untuk mengembalikan energi setelah melaksanakan hegiatan yang menguras tenaga.
  • Buatlah minuman kaya energi dari pisang, yang mudah dicerna daripada cemilan yang mengenyangkan untuk dikonsumsi sebelum olahraga.

Kunjungi juga
Makanan Sehat Alami Penambah Stamina
Makanan Untuk Mencerdaskan Anak


Pisang mengandung energi yang dilepaskan perlahan menjadikan buah ini lebih baik dibandingkan minuman-minuman bergula atau permen sebagai penambah energi instan. Berbeda dengan jenis buah-buahan lain, pisang merupakan sumber vitamin B6 dan juga mengandung vitamin E. Vitamin B6 (piridoksin) sangat penting bagi metabolisme protein dan menjaga sistem saraf dan kulit. Vitamin B lainnya dan mineral-mineral yang terdapat dalam pisang dibutuhkan untuk melepaskan energi yang berasal dari makanan selama proses pencernaan dan untuk menjaga kesehatan saraf.

Buah yang serba guna

Pisang dapat dimakan begitu saja atau sebagai irisan dalam salad buah. Kandungan gula dalam pisang terdiri dari 7% sukrosa 2% glukosa dan hanya 1% fruktosa. Fruktosa adalah gula buah yang paling manis dibandingkan dengan gula-gula alami lainnya. 

Glukosa dapat segera diserap tubuh karena sudah tersedia dalam gula darah, sukrosa adalah gula biasa dan dikenal sebagai gula halus dan dapat ditemukan secara alami dalam beberapa jenis buah. Pisang biasanya memiliki rasa manis dan dapat dijadikan cemilan sehat bagi mereka yang menyukai rasa manis. baca juga Aneka Manfaat Pohon Pisang

Makanan padat pertama untuk bayi

Pisang digemari karena mudah dicerna, sehingga bisa dijadikan makanan padat pertama terbaik bagi bayi. Bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat sejak usia 4-6 bulan dan pisang yang dihaluskan merupakan makanan padat pertama yang sempurna. Sekitar usia 9 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan biasa. Bayi akan menikmati potongan-potongan pisangnya yang lembut, lezat, mudah dikunyah dan ditelan.

Manfaat pisang untuk kesehatan

NSP (serat) didalam pisang merupakan makanan dari flora menguntungkan di usus serta meningkatkan kemampuan suatu jenis bakteri yang menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan. Selain itu pisang juga mengandung vitamin B6, yang dibutuhkan untuk pembentukan anti body melawan infeksi (substansi ini diproduksi sebagai respon terhadap kuman yang menyerang tubuh, atau disebut antigen). Vitamin B6 juga dibutuhkan untuk pembentukan haemoglobin dalam sel-sel darah merah. Pisang juga sumber potasium yang membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Penambah tenaga

Apapun aktifitas yang anda lakukan, jalan-jalan, berkebun atau mengikuti kompetisi olahraga, mengkonsumsi pisang dan segelas air adalah cara yang menyehatkan untuk mengembalikan tenaga.

Disqus Comments