-->

Khasiat Bawang Merah

Khasiat Bawang Merah. Allium cepa L. var Aggregatum nama botani bawang merah, sedangkan nama asing bawang merah adalah eschalote, eschlauch dan shalot. Orang jawa biasa menyebutnya brambang sedangkan masarakat sunda menamakannya bawang beureum. Dibeberapa daerah bawang merah juga memiliki nama berbeda-beda seperti bawang abang mirah (aceh), bawang migareu (alas), bawang sirah, dusun merah (minangkkabau), bawang suluh (lampung), lasuna eja (makasar), jasun mirah (bali) dan bawangi (gorontalo).

Menurut sejarah, bawang merah merupakan tanaman tertua dalam silsilah budidaya tanaman. Menurut catatan dari peninggalan yunani kuno, terbukti bahwa sejak 4000 tahun silam bawang merah pernah disebut-sebut. Pada era I dan II Dynasti (3.200-2.700 SM) bang Mesir melukiskan pada patung dan tugu-tugu. Selain itu, pada 1.500 SM bangsa israel telah mengenal bawang merah, Kemudian perkembangan selanjutnya tanaman ini merambah kekawasan, Erofa timur, Erofa barat, Amerika serikat, kemudian ke Asia selatan dan sampai ke bumi Indonesia.


Kandungan Kimia dan Khasiat Bawang Merah


Umbi bawang merah memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi

Kalori 39 kal
protein 1.5 gram
Hidrat-arang 0.3 gram
Lemak 0.2 gram kalsium 36 mg
fosfor 40 mg
Besi 0.8 mg
Vitamin B 0.03 mg
Vitamin C 2 gram
Air 88 gram

Umbi bawang merah juga mengandung asam amino yang tidak berbau, mudah larut dalam air dan tidak berwarna. Ikatan asam amino ini sebagai allin karena pengaruh enzim lain, allin dapat berubah menjadi zat yang mengandung belerang yang disebut alisin. Dengan Vitamin B1 itu sendiri.

Melihat indikasi diatas pada kandungan bawang merah sejak jaman dahulu berkhasiat mengobati beberapa penyakit seperti :

Bengkak pada payudara
Radang payudara atau mastitis biasanya terjadi 1-2 minggu setelah melahirkan. Biasanya  disebabkan saluran air susu yang tersumbat, serta infeksi kuman yang ditularkan dari bayi pada saat menyusatau bra yang kotor atau busana. Masitis ditandai dengan payudara yang membengkak, keras, panas terasa sakit bila disentuh dan warnanya kemerahan. Gejala tersebut juga disertai dengan meriang atau demam. Cara mengatasinya, siapkan bawang merah beberapa butir, kemudian cuci bersih lalu bilas dengan air hangat yang bersih, setelah itu bawang merah dilumatkan dan dilumurkan keseluruh payudara, kecuali bagian puting.

Demam
Bawang merah secukupnya ditumbuk hingga halus, lalu gosokan bawang merah tersebut keseluruh tubuh.

Batuk
Parutlah bawang merah tiga siung, tambahkan perasan air dari jeruk nipis dan minyak kelapa secukupnya. kemudian aduk merata lalu oleskan pada leher dan dada. Baca juga Obat Batuk Alami

Masuk angin
Cuci dan ditumbuk sampai halus 8 siung bawang merah, kemudian remas dengan air kapur sirih lalu gosokan pada perut, tulang punggung, tengkuk, dan kaki.

Hipertensi
Silahkan blender umbi bawang merah 30 gram dengan air secukupnya. Setelah bawang yang sudah dihaluskan tambahkan madu dan diminum 2-3 kali sehari. Kunjungi juga Tanaman Obat Darah Tinggi

Disqus Comments