-->

Tanaman Obat Darah Tinggi

Tanaman Obat Darah Tinggi. Penyakit Darah Tinggi dalam istilah kedokteran disebut dengan nama Hipertensi. Tekanan darah tinggi memang merupakan penyakit yang menakutkan, apalagi gejalanya kadang muncul secara tiba-tiba, kenyamanan hidup bagi penderita sangat terganggu, disamping yang lebih parah lagi penderita mempunyai penyakit penyerta seperti kencing manis, jantung dan ginjal semakin memperburuk keadaan yang dapat menyebabkan stroke dan kelumpuhan. Berikut ini Tanaman Obat Darah Tinggi Tradisional bisa menjadi panduan pilihan pengobatan anda

Alang-alang

Alang-alang memiliki sifat manis dan sejuk. bila diminum dapat menurunkan panas, meluruhkan kencing, menghentikan pendarahan, dan menghilangkan haus. Herba ini masuk kemeridian paru-paru, lambung, dan usus kecil

Kandungan alang-alang
Akar dan batangnya mengandung manitol, glukosa, sakharosa, malic, acid, citric, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol dan anemonim.
Bagian yang digunakan obat darah tinggi adalah rimpang atau akar, sebagai peluruh kencing.


Bayam Duri 

Bayam Duri mempunyai sifat manis, pahit, dan sejuk.  Herba ini masuk kemeridian jantung dan ginjal. Dapat menghilangkan panas (antipiretik), meluruhkan kencing (diuretik) menghilangkan racun (anti toksin), menghilangkan bengkak, obat diare, serta membersihkan darah.

Kandungan bayam duri
Amarantin, rutin, kalium nitrat, piridoksin, garam-garam, fosfat, zat besi serta vitamin A, C dan K, akar digunakan sebagai peluruh kencing.


Belimbing Manis

a. Buah : Rasa asam, manis, dan netral, berguna sebagai anti radang, peluruh kencing (diuretik), atau peluruh liur.

b. Bunga : rasa manis dan netral. dapat dipakai sebagai obat antimalaria.

c batang dan daun: rasa asam, kelat, netral. Bermanfaat sebagai anti radang, peluruh kencing, serta penghilang panas.

d. Akar : Rasa asam, kelat (astringent), dan netral. Dapat menghilangkan sakit ( analgetik) dan sebagai obat antireumatik.

Kandungan belimbing manis
buah mengandung protein, lemak, kalsium, phosfor besi serta Vitamin A, B dan C. sebagai peluruh kencing.


Belimbing Wuluh

Rasa asam dan sejuk. dapat menghilangkan sakit (analgetik), memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, peluruh kencing, dan juga sebagai astringent.

Kandungan belimbing wuluh
batang mengandung saponon tanin, gluciside, calsium, oksalat, sulfur dan asam format, Daun mengandung tanin, sulfur asam format, dan perotsidase
Bagian yang digunakan obat darah tinggi adalah buah sebagai peluruh kencing.


Jagung

  • Biji : manis dan netral masuk kemeridian usus besar dan lambung. Dapat mengharmoniskan centra organ meningkatkan nafsu makan menguapkan paru-paru, dan menetralkan jantung.
  • Akar : Peluruh kencing (Diuretik)
  • Tongkol : Manis dan netral berguna untuk menguatkan limpa dan sebagai peluruh kncing serta penurun tekanan darah ( hipotensi)
  • Rambut :  Manis dan netral, bermanfaat untuk peluruh kencing, hipotensif, menghilangkan panas, menetralisir hati, serta melancarkan pengeluaran empedu.

Kandungan Jagung
  •  Biji : gula, zeaksantin, protein, asam maizenik, asam heksafosfor, vitamin B1, B2, dan B6
  • Rambut : Potassium nitrate, vitamin K, a-tocopherylquinone, B-sitosterol, stigmasterol, yushushu, acid, dan volatile alkaloid.
  • Minyak jagung : linoleic, acid, 50% oleic acid 37%, palmitic acid 10% dan stearic acid 3%,
rambut tongkol dan akar sebagai peluruh kencing, tongkol dan rambut juga sebagai obat paten.

Kayu Manis

Kayu manis berasa pedas sedikit manis, hangat dan wangi, Bermanfaat sebagai peluruh kencing, peluruh keringat, anti reumatik, meningkatkan nafsu makan serta menghilangkan rasa sakit.

Kandungan kayu manis
Minyak atsiri, eugenol, safrolecinnamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, damar dan zat penyamak. Kulit batang digunakan sebagai obat darah tinggi.

Kumis Kucing

Kumis kucing memiliki sifat pahit dan sejuk bermanfaat sebagai anti radang, peluruh kencing, serta penghancur batu saluran kencing

Kandungan kumis kucing
Orthosiphon glikosida, zat samak, minyak asiri, minyak lemak, saponin, garam, kalium, dan myoinositol. Daun sebagai peluruh kencing digunakan sebagai obat darah tinggi.

Leunca

Rasa pahit, dingin dan sedikit beracun, berguna sebagai penurun panas, pembersih panas dan racun, anti radang, peluruh kencing, penghilang bengkak, pelancar darah, peluruh dahak, pereda batuk, pereda sesak, dan penghilang gatal (antipruritus).

Kandungan leunca
Tanaman ini mengandung glikoalkaloid solanine, solasonine, sola margine, solasodine, juga mengandung sedikit atropin dan saponin, zat samak dan minyak lemak, mineral kalsium, fosfor, besi serta vitamin A dan C.
buah digunakan sebagai obat darah tinggi berefek samping perasaan tak nyaman.


Mengkudu

Berkhasiat sebagai penghilang hawa lembab pada tubuh penambah kekuatan tulang, pembersih darah, peluruh kencing, peluruh haid (emenagog), pelembut kulit, obat batuk, obat cacing (anthelmintik), pencahar dan antiseptik.

kandungan mengkudu
Kulit akar mengandung morindin, aligarin dan soranjidiol. Daun mengandung protein, zat kapur, zat besi, karotendan askorbin. Tanaman ini juga mengandung minyak asam capron dan asam kaprylat yang mudah menguap. Buah masak digunakan sebagai peluruh kencing.


Tanaman lainnya yang dapat dijadikan obat darah tinggi adalah :
Pepaya, pule pandak,  saga, sambiloto, semanggi gunung, tapak dara, tempuyung, pegagan, patikan kebo, mindi kecil, meniran, ketepeng kecil, boroco dan daun sendok.

Itulah tanaman berkhasiat yang dapat dijadikan ramuan tradisional khusus mengobati keluhan penyakit darah tinggi semoga bermanfaat

Referensi : Ramuan tradisional darah tinggi Prof. HM Hembing Wijayakusuma
Ramuan tradisional Dr Setiawan Dalimartha

Disqus Comments