-->

Jagung makanan pokok berkhasiat

Jagung makanan pokok berkhasiat. Jagung itu identik dengan makanan pokok beberapa negara Afrika dan beberapa daerah di Indonesia Khususnya Madura, dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi protein serta zat besi mampu memberikan suplai energi pada tubuh menyerupai gandum serta padi.

Jika anda jalan-jalan ketempat pariwisata terutama wilayah pegunungan pasti tersaji aneka macam jagung,   mulai dari restoran mewah, warung-warung kopi bahkan  tempat mojok pinggir jalan selalu tersedia makanan jagung.  Makanan ini bisa dibuat beraneka macam, mulai direbus, dibakar, disayur, dicampur roti, campur nasi, prakedel, bahkan keripik jagung, dan permen rasa jagung membuktikan makanan dari amerika ini banyak peminatnya dengan puluhan cara pengolahanya.

Rumput tegak ini adalah sebenarnya tanaman sayuran semusim, berakar serabut, helaian daun pipih, berambut ditumbuhi biji kuning keputihan sejajar membungkus tongkol yang menyerupai sebidang tulang

Kandungan Jagung 
Jagung selain menjadi makanan pokok  juga mempunyai kandungan yang sangat berguna bagi tubuh, Kandungan kimiawi dalam biji jagung adalah gula, Zeaksantin, protein, asam maezenik, asam heksafosfor, vitamin B1, B2 dan B6. Sedangkan didalam rambut ; Potassium nitratte, vitamin K, a-tocopherylquinone, sitoterol, stigmasterol, yushushu acid, dan volatilealkaloid. Didalam minyak jagung terkandung linoleic acid 50%, oleic acid 37%, palmitic acid 10%,dan stearic 3%.

Efek farmakologis dan sifat kimiawi
Seluruh tanaman ini mengandung khasiat mulai dari biji, rambut, daun tongkol hingga akar.

  • Biji ; Manis dan netral, masuk ke meridian usus besar dan lambung. Dapat mengharmoniskan sentral organ, meningkatkan nafsu makan, menguatkan paru-paru serta menetralkan jantung.
  • Akar ; peluruh kencing (diuretic)
  • Tongkol ; Manis dan netral. berkhasiat untuk menguatkan limpa dan sebagai peluruh kencing, serta mengurangi tekanan darah (hipotensif)
  • Rambut ; Manis dan netral Bermanfaat untuk peluruh kencing, hipotensif, menghilangkan panas, menetralisir hati, serta melancarkan pengeluaran empedu. 

Jagung makanan pokok berkhasiat


Mengobati batu ginjal
Rebusan air tongkol jagung setiap hari, tentunya dalam waktu yang lama,

Melancarkan ASI
Biji jagung tua disangrai hingga retak-retak dan renyah yang dimakan setiap hari dapat melancarkan ASI

Menyehatkan ibu hamil
Asam folat yang terkandung dalam biji jagung bekerja sangat baik untuk melancarkan kelahiran bayi dan menghindari bayi lahir  cacat.

Mencegah anemia
Kandungan Zat besi yang baik ditambah vitamin B1, B2, B6 dan asam folat sangat baik mencegah penyakit anemia

Menyembuhkan darah tinggi
Rambut jagung, tongkol dan akar sangat baik untuk mengobati penyakit darah tinggi.

Disqus Comments