-->

Khasiat Daun Sendok Sebagai Obat Tradisional

Khasiat Daun Sendok Sebagai Obat Tradisional. Daun sendok (Plantago Mayor L) adalah tanaman yang mempunyai manfaat layaknya tumbuhan herba lain, tanaman berkhasiat ini dari suku Plantaginaceae mempunyai manfaat bagi kesehatan sedangkan nama daerah di Indonesia adalah ekor angin, kuping menjangan (Melayu), Ki urat, ceuli (sunda), meloh kiloh, otot-ototan, sangka buah, sangkubah, sangkuah, sambung otot, suri pandak (jawa) torongngoat (minahasa).

Daun sendok merupakan gulma atau yang hidup diperkebunan teh atau karet, kadang ditanam dalam pot sebagai tumbuhan obat, atau tumbuh liar dihutan, ladang, dan halaman berumput yang agak lembap. Daun sendok yang masih muda bisa dimasak sebagai sayuran. Berikut Khasiat dan Manfaat Daun Sendok.

Sifat dan Khasiat Daun Sendok
Herba ini rasanya manis dan sifatnya agak sejuk. Herba berkhasiat untuk mengatasi kencing manis (DM), menerangkan penglihatan yang kabur, radang mata merah (konjungtivis), radang saluran nafas (bronkitis), radang saluran nafas (bronkitis), batuk rejan (pertusis), batuk rejan (pertusis), radang prostat (prostatis), kencing sedikit karena panas, kencing berlemak, kencing berdarah, influenza, batu ginjal, diare, disentri, nyeri lambung, bengkak karena penyakit ginjal (nefrotik edema), cacingan, gigitan serangga,  serta perdarahan seperti mimisan dan batuk darah.

Manfaat Daun Sendok
Untuk obat yang diminum, rebus herba kering (10-15 g) atau yang segar (15-30 g). Bisa juga tumbuk herba segar, lalu peras dan saring airnya. Sedangkan jika memakai bijinya sediakan 10-15 g biji daun sendok, cuci bersih  kemudian rebus dan minum airnya.

Untuk pemakaian luar, potong tipis herba segar, tempatkan pada bagian luka berdarah, tersiram air panas,  atau bisul,  kemudian balut. Cara pemakaian lain juga bisa dengan direbus, kemudian gunakan airnya untuk kumur-kumur pada sakit tenggorokan atau radang gusi. Cara lain adalah giling halus, lalu gunakan sebagai salep untuk mengatasi  koreng, abses dan bisul.



Khasiat Daun Sendok Sebagai Obat Tradisional


Melancarkan Kencing
Cuci bersih herba daun sendok segar (6 ons), tambahkan gula batu secukupnya atau madu, rebus dengan 3 liter air sampai air rebusannya tersisa separuh. Setelah agak dingin, minum seperti minum air teh, lalu habiskan dalam sehari.

Kencing Berdarah
Cuci herba daun sendok segar, lalu blender hingga halus. setelah itu peras dan saring airnya sampai terkumpul 1 gelas. lalu minum.

Disentri panas
Cuci herba daun sendok segar, lalu tumbuk halus. Peras dan saring sampai terkumopul 1 gelas. Tambahkan madu 2 sendok sambil aduk rata. Minum sekaligus selagi hangat.

Mimisan
Cuci daun sendok segar (15 g), lalu tumbuk halus. Seduh dengan secangkir air panas, peras dan saring,  minum sampai habis.

Batuk sesak dan Batuk darah
Cuci herba daun sendok segar (60 g), lalu tambvahkan air bersih sampai terendam dan 30 g gula batu. Tim sampai mendidih selama 15 menit. Minumk selagi hangat.

Bronkitis
Cuci herba daun sendok segar (30 g), lalu rebus dengan 3 gelas air bersih sampai menyisakan 1 gelas, terus saring dan minum 2 kali sehari 1/2 gelas. dilakukan secara rutin 1-2 minggu.

Kencing Manis
Rebus herba daun sendok segar 1 tanaman seutuhnya dan daun salam 7 lembar dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Biarkan sebentar, setelah dingin saring airnya, lalu minum sehari 2 kali, tiap kali minum masing-masing 1/2 gelas.

Kencing Batu
Cuci herba daun sendok segar (30 g) dan daun avokad 7 lembar, kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas. Saring airnya, kemudian minum 2 kali sehari 1/2 gelas.

Disqus Comments