-->

Aneka Manfaat Daun Pepaya

Aneka Manfaat Daun Pepaya. Sebagaimana diketahui pepaya merupakan tanaman dengan seribu khasiat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia sejak zaman dahulu hingga sekarang. Pepaya bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan tubuh, tetapi kulit, batang, daun bahkan akar pepayapun dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia. (Baca Manfaat dan khasiat pepaya)

Pepaya yang merupakan tumbuhan tropis buahnya sangatlah terkenal hingga ke penjuru dunia, buah pepaya sangat segar dan dapat dikonsumsi oleh bayi dengan sangat aman. Khasiat pepaya sangatlah banyak untuk terapi kesehatan, tetapi tak disangka daun pepayapun dapat dimanfaatkan untuk keperluan terapi lain sebagai pencegah, obat bahkan pengusir penyakit tertentu. Berikut kandungan serta manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Kandungan Daun Pepaya

Gizi  Daun.Pepaya
Energi  79 kcal
Protein  8,0 g
Lemak  2,0 g
Karbohidrat  11,9 g
Kalsium353mg
Fosfor 63 mg
Kalium 0,8 mgl
Vitamin B1 18,250 mg
Vitamin A 0,15 mg
Vitamin C 140 mg
Air 74, 4 g
BDD 71%


Aneka Manfaat Daun Pepaya


Mencegah Kanker
Folat yang terkandung dalam buah dan daun pepaya dapat membantu mencegah kerusakan DNA dari radikl bebas sehingga risiko terkena kankerpun menurun.

Pengikat Kolesterol
Serat yang terkandung dalam daun pepaya cukuplah banyak sehingga sangat bermanfaat untuk pencegah tingginya kolestreol dengan cara mengikat dan mengeluarkannya bersama tinja.

Anti-Imflamasi
Daun pepaya yang dapat dijadikan lalapan itu ternyata mengandung enzim papain yang dapat bermanfaat untuk mencegah peradangan, didalam enzim tersebut terkandung juga aneka vitamin seperti vitamin A, C, dan juga E yang bekerja sama dengan betakaroten sehingga terbukti dibutuhkan tubuh untuk mencegah penyakit asma, dan penyakit sendi rematik dan osteoporosis).

Obat Luka Bakar
Sebetulnya sebagian masyarakat kita sudah tahu bahwa daun pepaya dapat menyembuhkan luka bakar dengan cepat agar tidak menjadi infeksi, namun karena jarangnya dipakai untuk pengobatan sehingga jarang tahu bahwa daun pepaya sebetulnya dapat dilumatkan untuk menyembuhkan luka bakar.

Melancarkan BAB
Susah BAB merupakan penyakit ga keren hehe, tapi jika Anda merasa sedikit kesusahan ketika hendak BAB, Anda bisa mencoba mengonsumsi daun pepaya dengan cara di jus ataupun dijadikan lalapan, didalam pepaya kaya akan enzim papain dan chymopapain yang dapat meningkatkan masa tinja dengan air, sehingga BAB akan lebih mudah dan lancar. ga percaya silahkan buktikan wkwk..

Menjaga Kesehatan Mata
Sebagian orang tidak tahu bahwa daun pepaya dapat menjaga kesehatan mata, didalam daun pepaya terdapat betakaroten yang secara otomatis dapat berubah menjadi vitamin A ketika didalam tubuh, sedangkan vitamin A sangatlah dibutuhkan untuk menjaga serta mengobati aneka penyakit mata, dengan demikian dengan mengonsumsi daun pepayapun Anda dapat menjaga kesehatan mata Anda dari mata rabun dan katarak.

Mencegah Demam Berdarah
Ekstrak daun pepaya sejak jaman dahulu telah digunakan untuk mencegah penyakit demam berdarah yang sangat mematikan itu, cara yang sangat tradisional namun berhasil menghalau demam berdarah dengan ramuan daun pepaya sehingga meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Anti-Malaria
Disamping dapat mencegah dan mengobati penyakit DBD, daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah malaria. Anda dapat membuat jus daun pepaya untuk mencegah dan mengobati penyakit malaria.

Mengurangi Nyeri Haid
Bagi wanita yang mengalami rasa sakit ketika datang masa haid dapat memanfaatkan jus daun pepaya untuk hindari rasa sakit ketika masa ini. Cukup didihkan satu lembar daun pepaya bersama asam jawa bersama garam seperlunya. Diminum ketika datang bulan .

Mengempukan daging
Manfaat lain dari daun pepaya adalah dapat dijadikan peng-empuk daging yang akan di olah. Jika Anda hendak membuat sate ataupun gulai agar lebih empuk, Anda dapat memanfaatkan daun pepaya untuk direndam bersama daging terlebih dahulu sebelum ditusuk menjadi sate.

Disqus Comments