-->

Manfaat Jambu Biji

Jambu biji atau Psidium guajava  merupakan salah satu Tanaman Berkhasiat sebagian menyebut jambu batu, jambu klutuk (jawa barat) kayawese (maluku) biawas, masiambu, galiman (sumatera) dan banyak lagi sebutan di Nusantara ini. Tanaman ini tersebar luas sampai ke Asia tenggara termasuk Indonesia sampai Asia selatan India dan Srilanka. Jambu biji termasuk tanaman perdu dan memiliki banyak ranting dan cabang, batang pohonnya keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna coklat dan licin, apabila kulit kayu jambu biji dikelupas akan terlihat batang kayunya yang basah, bentuk daunnya umumnya bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih.  Pada umur 2-3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah bijinya banyak yang terdapat pada daging buahnya.

Jenis-jenis jambu bijipun banyak tersebar Varietasnya di Indonesia hampir semua suku jambu biji ini disukai dari Jambu bangkok, jambu apel, jambu merah. jambu sari, jambu pasar minggu, jambu palembang dan lain lain yang semua itu mempunyai manfaat dan kandungan yang tidak jauh berbeda.


Kandungan pohon jambu biji

Buah daun dan kulit batang jambu biji mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin, daun jambu biji juga mengandung zat lainnya seperti asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak atsiri dan vitamin A 25 SI, vitamin B 0.02, vitamin C 87 miligram, kalori 49, protein0.9 gram, lemak 0.3, hidrat arang 12.2, kalsium 14 miligram, fosfor 28 miligram, besi 1.1 miligram dan air 86 gram.



Khasiat dan manfaat jambu biji


Dengan banyaknya vitamin dan zat asam yang sangat belimpah pada buah jambu biji ini tentulah memberikan efek positif bagi kesehatan dan dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit pada tubuh dengan pengobatan yang sangat alami diantaranya :

Diabetes melitus
Cara membuatnya : Jambu biji dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Maag
Cara membuatnya : 3 lembar daun jambu biji yang masih segar, direbus dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 3 kali sehari pagi, siang dan sore.

Sakit perut / Diare
Cara membuatnya : 5 lembar daun jambu biji, satu potong akar, kulit dan batangnya, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Masuk Angin
Cara membuatnya : 10 lembar daun jambu biji yang masih muda. 1 butir cabe merah, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa dan garam secukupnya. semua bahan tersebut direbus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.

Beser (sering kencing berlebihan)
Cara membuatnya : 1 genggan jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak. Kedua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas saja, kemudian disaring. Diminum tiap 3 jam sehari 3 sendok makan.

Sariawan
Cara membuatnya : 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. direbus bersama 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.

Sakit kulit
Cara membuatnya : 1 genggam daun jambu yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji. Ditumbuk bersama sama sampai halus. Untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

Obat luka baru
Cara membuatnya : 3 pucuk daun jambu biji dikunyah sampai lembut. ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengeluarkan darah terus menerus.

Terima kasih sudah membaca Manfaat Jambu Biji

Disqus Comments