-->

Cara Tradisional Hilangkan Ketombe

Cara Tradisional Hilangkan Ketombe. Ketombe dalam bahasa medisnya disebut ptiriasis. Adalah suatu pertumbuhan berlebihan dari kulit kepala tanpa adanya peradangan. Gejala umumnya adalah timbulnya sisik-sisik pada kulit kepala, gatal dan bisa juga disertai dengan kerontokan rambut. Penderita ketombe biasanya menghindarai pakaian yang berwarna gelap, untuk menghindari keterlihatan ketombe.

Munculnya keluhan ketombe biasanya diawali dengan rasa gatal dikulit kepala meski baru saja keramas, kelainan kulit kepala berupa rasa gatal, warna kulit kemerahan, rambut cenderung rontok dan lain-lain. Untuk mengatasi timbulnya ketombe dan menghilangkan ketombe, berikut cara tradisional dalam mengatasi ketombe diantaranya :


Cara Tradisional Hilangkan Ketombe


Shampo Herbal
Cara membuatnya, Bakarlah 1 genggam merang (Merang adalah tangkai dari bulir padi) kemudian rendam dalam air dan dihancurkan dengan meremas, diamkan 1 malam. Lalu haluskan 25 g daun pegagan dicampur dengan air merang, lalu saring. Gunakan airnya untuk keramas tanpa menggunakan sampo lagi.


Jeruk Nipis
Potong-potong 2 Buah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian gosokan langsung jeruk nipis tersebut ke seluruh kulit kepala, berilah sedikit pijatan, usahakan semua kulit kepala tergosok oleh rambut kepala agar ketombe dikepala terkikis habis, biarkan 20 menit lalu bilas dengan air.

Minyak Kelapa dan Lemon
Campurkan 8 sendok teh minyak kelapa dengan 1/2 gelas jus lemon. Kemudian pakailah ramuan tersebut pada rambut dengan cara menggosok-gosokannya dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Air rendaman kangkung
Sediakan kangkung secukupnya potong-potong lalu rendam dengan air sayuran tersebut semalaman, stelah itu pada pagi harinya silahkan keramas dengan air rendaman kangkung untuk menghikangkan ketombe.

Teh Hijau
Sediakan teh hijau 2 kantong celup, lalu seduh dengan air panas dan diamkan hingga 3 menit. Setelah dingin pijatkan pada rambut dan kulit kepala secara perlahan. Biarkan selama semalaman. Lakukanlah hal tersebut 3 hari secara berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Daun Pandan
Sediakan daun pandan wangi kira-kira 7 lembar, Kemudian cuci bersih daun pandan wangi tersebut dan tumbuk hingga halus, Berilah 100 ml air bersih pada tumbukan tersebut dan aduk hingga rata, Oleskan ramuan daun pandan tersebut kekulit kepala hingga merata. Biarkan 20-30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Mengkudu
Sediakan 3 buah mengkudu lalu lumatkan mengkudu tersebut, beri air secukupnya setelaj itu peras airnya. Silahkan keramas dengan menggunakan air perasan mengkudu. Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas dengan air bersih.

Yoghurt
Basahi rambut terlebih dahulu secara merata, kemudian ambil yoghurt secukupnya dan pijatkan pada kulit kepala. Kemudian biarkan hingga 10 atau 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Disqus Comments