-->

Khasiat Patah Tulang Obati Penyakit

Khasiat Patah Tulang Obati Penyakit. Patah tulang (Euphorbia tirucalli) merupakan tanaman perdu yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Namun ada juga yang menanamnya sebagai tanaman tunggal halaman. Bentuknya aneh karena tidak tampak daun sesungguhnya. Sebagian besar hanya berupa batang berbentuk bulat panjang seperti pensil dengan warna hijau tua. Dibagian ujung batang terbentuk 2-3 cabang. Diujung cabang paling muda, muncul daun-daun kecil yang berumur pendek dengan sosok yang demikian. Tanaman ini mirip dengan karang laut atau tumbuhan laut, batangnya mudah sekali patah dan mengandung getah. Getah tersebut beracun sehingga bila digunakan sebagai obat hanya untuk obat luar. Cabang-cabngnya bisa dijadikan tanaman baru bila ditanamn didalam tanah.


Khasiat Patah Tulang Obati Penyakit



Nama lain dari tanaman patah tulang adalah kejuleso, susuru, kayu jaliso, kayu langtolangan, kayu tabar, kayu potong, pacingtawa, dan tikel balung.

Kandungan Patah Tulang
Tanaman patah tulang mengandung eufol, taraksasterin, tiru-kalol dan sapogenin. juga mengandung senyawa damar yang menyebabkan rasa tajam, zat pahit dan zat karet. Berkhasiat mengobati sifilis, rematik, lambung, herpes, wasir, kesisipan duri, tahi lalat, sakit gigi dan patah tulang. (Buku pintar Tanaman berkhasiat Obat).

Cara Pemakaian Patah Tulang
Giling halus akar dan ranting patah tulang yang telah dikeringkan menjadi bubuk. Campur dengan lontong beras sampai merata, kemudian bentuk menjadi pil kecil-kecil. Lalu jemur sampai kering. Makan jika perlu.

Untuk pemakaian luar, Tumbuk halus herba segar, lalu turapkan ke tempat yang sakit, seperti bisul, rematik, tahi lalat membesar, cacar ular (herpes). Atau bisa juga campur herba yang segar yang ditumbuk halus dengan susu untuk penyakit kulit. Seperti gatal-gatal, kapalan (clavus), kutil, tumor dan kurap.

Contoh Pemakaian Patah Tulang

Kanker
Tusuk batang tanaman patah tulang dengan jarum, ambil satu tetes getahnyya dan cairkan dengan satu sendok teh air matang. Kompreskan getah yang sudah diencerkan ke bagian tubuh yang meradang (benjolan tumor atau kanker) dan luka. Cara ini dilakukan 2 kali sehari. Cara ini sangat ampuh untuk mengobati bengkak dan luka kanker seperti pada kanker payudara. (yellia mangan : solusi sehat atasi kanker)

Kesisipan Duri
Getah dioleskan pada tempat yang kesisipan duri. Duri akan tercabut dengan sendirinya bila getah telah kering. Hati-hati jangan sampai kena mata.

Tahi Lalat Gatal
Dengan bantuan kapas getah dioles pada tahi lalat yang gatal, kemudian digosok dengan air jeruk nipis beberapa kali. Apabila sudah kering, dapat diolesi getah lagi. Hati-hati jangan sampai terkena mata.

Patah Tulang
Sediakan 3/4 genggam tanaman patah tulang ditambah dengan 1 genggam daun srigi. Kedua bahan dicuci, digiling sampai halus dan diremas dengan 4 sendok makan air garam, campuran bahan tersebut kemudian dihangatkan beberapa saat. Diusapkan pada bagian yang cedera, lalu dibalut dengan daun bakung atau kulit randu. Lakukan 2 kali sehari.

Disqus Comments