-->

Manfaat bawang putih bagi kesehatan

Manfaat bawang putih bagi kesehatan. Bawang putih mempunyai ciri yang khas bau menyengat. Senyawa penting dalam bawang dikenal memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur dan anti-oksidan.  Bawang putih juga merupakan sumber selenium yang dapat dipercaya. Allicin, bersama dengan senyawa lain seperti ajoene, alliin, dll ditemukan di dalamnya juga memiliki efek pada peredaran darah, pencernaan dan sistem kekebalan tubuh kita dan membantu dalam menurunkan tekanan darah, detoksifikasi, penyembuhan, dll.


Manfaat bawang putih bagi Kesehatan




Antibakteri dan Antivirus
Bawang putih adalah yang paling terkenal antibakteri dan antivirus.  membantu mengontrol bakteri, virus, jamur, ragi dan infeksi cacing. Bawang putih segar diduga berperan dalam mencegah keracunan makanan, membunuh bakteri seperti E. coli, Salmonella enteritidis, dll

Untuk mengobati infeksi kulit
The ajoene kimia yang ditemukan dalam bawang putih dapat membantu mengobati infeksi jamur kulit seperti kurap

Mengurangi tekanan darah
Angiotensin II adalah protein yang membantu kontrak pembuluh darah sehingga meningkatkan tekanan darah. Allicin dalam bawang putih memblok aktivitas angiotensin II dan membantu dalam mengurangi tekanan darah. The polisulfida hadir dalam bawang putih diubah menjadi gas yang disebut hidrogen sulfida oleh sel-sel darah merah. Hidrogen sulfida melebarkan pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

Melindungi jantung
Bawang putih melindungi hati terhadap masalah kardiovaskular seperti serangan jantung dan atherosclerosis dan juga dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal oksigen bebas. Senyawa-senyawa yang mengandung sulfur bawang putih juga membantu pembuluh darah dan memperlambat perkembangan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Sifat anti-pembekuan ajoene membantu mencegah gumpalan dari pembentukan dalam pembuluh darah.

Mengurangi kolesterol
Bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan trigliserida darah dan kolesterol dan mengurangi pembentukan plak arteri

Mengobati Alergi
Bawang putih dikenal memiliki properti anti-inflamasi. Hal ini dapat membantu tubuh melawan alergi. Properti anti-rematik bawang putih adalah dialil sulfida dan thiacremonone.

Obat Asma
Jika mengkonsumsi bawang putih dapat mengurangi frekuensi jumlah pilek. Sifat antibakteri membantu dalam mengobati iritasi tenggorokan. Bawang putih juga dapat mengurangi infeksi saluran pernapasan. menahan gangguan paru-paru seperti asma, kesulitan bernapas, dll membuatnya menjadi obat yang tak ternilai harganya.

Diabetes
Bawang putih meningkatkan pelepasan insulin dan mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes.

Pencegahan Kanker
Asupan harian bawang putih telah ditemukan untuk mengurangi resiko kanker. Properti anti-kanker ini disebabkan sulfida alil ditemukan dalam bawang putih. PhIP, jenis amina heterosiklik (HCA), telah dikaitkan dengan peningkatan kejadian kanker payudara di kalangan perempuan. Menurut penelitian, diallyl sulfida ditemukan dalam bawang putih menghambat transformasi PhIP menjadi karsinogen.

Meningkatkan metabolisme besi
Ferroportin adalah protein yang membantu dalam penyerapan zat besi dan rilis. Sulfida dialil dalam bawang putih meningkatkan produksi ferroportin dan membantu meningkatkan metabolisme besi.

Sakit gigi
Cukup menaruh beberapa siung bawang putih, dihancurkan langsung pada gigi yang sakit dapat membantu meringankan sakit gigi karena sifat antibakteri dan analgesik.

Kurangi berat badan
Banyak peneliti percaya bahwa obesitas adalah keadaan peradangan tingkat rendah jangka panjang. Menurut penelitian terbaru, bawang putih dapat membantu untuk mengatur pembentukan sel-sel lemak dalam tubuh kita. Pre-adipocytes diubah menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui aktivitas sistem inflamasi. Properti anti-inflamasi dari 1, 2-DT (1, 2-vinyldithiin) ditemukan dalam bawang putih dapat membantu menghambat konversi ini. Hal ini dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Disqus Comments