-->

Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan. Urang aring merupakan tumbuhan liar yang biasa ditemukan ditempat terbuka, seperti ditepi jalan, tanah lapang, dan pinggir selokan. Tanaman ini dapat tumbuh dari tepi pantai sampai ketinggian 1.500 m dpl. Herba tanaman Urang aring ini merupakan tumbuhan berkhasiat obat penting untuk kesehatan, baik pada pengobatan ayurvedic, maupun chinnese herbal medicine untuk tonik ginjal dan hati. Daun bisa dimakan sebagai sayuran.

Urang aring bernama botani Eclipta Prostrata L. Sinonimnya adalah Eclipta alba (L), E.alba el marginata boiss, E erecta et prostrata L, E, erecta L, E. parciflora wall, E. philippinensis gandog, E.thermalis bunge, Verbesina alba L. Sedangkan nama daerah, daun sifat, keremek janten (Melayu), Goman, orang aring (jawa), telenteyan (madura), dan daun tinta (maluku).


Sifat dan Khasiat Tanaman Urang Aring


Rasa urang aring manis, asam, bersifat sedikit dingin, astringent. Herba ini masuk kemeridian hati dan ginjal. (yin tonik pada lemah yin hati dan yin ginjal), menyejukan darah sehingga menghentikan pendarahan (hemostatis), pereda demam (anti piretik), antibakterial, antitosik, dan tonik pada saluran cerna, peredaran darah, dan sistem saraf.


Kandungan Kimia Tanaman Urang Aring


Urang aring mengandung phytosterol, isoflavonoids, dan triterpenoid saponins seperti nikotin, a therthienyl, a therthienylmethanol, ecliptine,  a-formil-a thertienyl, 2-(Buta-1,3,-diynyl)-5-5(but-3-en-1-ynyl) thiophene, 5-(3-Buten-1-ynyl)-2,2-bithienyl-5-methyl acetate, wedelolactone, dan tanin. Thiophene derivat berkhasiat menghancurkan cacing dari saluran cerna.

Seluruh bagian tanaman diatas tanah (aerial parts), lalu dikeringkan untuk direbus, seduh (infus), dibuat minyak bubuk powder, dan tincture. Herba ini dipanen jika tanaman sudah berbunga.

Efek farmakologis dan Hasil penelitian

  • Zat aktif bernama wedelolakton yang terkandung pada herba urang aring, berkhasiat hepatoprotektor, yaitu melindungi sel hati dari racun yang ada didalam tubuh.
  • Urang aring meningkatkan jumlah limfosit (sel darah putih yang meningkatkan daya tahan tubuh).
  • Hasil penelitian menunjukan bahwa urang aring mengatur kadar enzim didalam organ hati yang digunakan untuk melindungi organ tersebut.


Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan

.
Untuk pemakaian luar, cuci herba urang aring segar, kemudian giling sampai halus, bubuhkan pada tempat yang sakit, seperti luka bakar, memar, luka berdarah, lalu balut. Bisa juga dengan menggosokan pada kulit kepala dan rambut untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut. Serta air rebusannya  bisa digunakan untuk membasuh eksim, jamur disela kaki (tinea pedis), dan koreng, atau untuk berkumur jika gusi bengkak.

Herba yang diminum, rebus herba urang aring segar (30-120 g), atau yang telah dikeringkan (5-10 g)


Indikasi Khasiat Tanaman Urang Aring Untuk Kesehatan


Menghentikan pendarahan pada muntah darah (hematemesis), batuk darah (hemoptoe), mimisan (epistaksis), kencing darah (hematuria), berak darah (melena), pendarahan rahim (uterina bleeding), hepatitis akut dan kronik, sirosis, diare, anak kurang gizi (infantile malnutrition), keputihan (lekore), sesak nafas (asma), bronkhitis, badan terasa lesu dan lemah (neurasthenia), penglihatan kabur, tujuh keliling (vertigo), pembesaran kelenjar, mempercepat pemulihan setelah melahirkan, menghitamkan dan menyuburkan rambut, dan mencegah rambut beruban sebelum waktunya.

Contoh Pemakaian

Keputihan

Rendam herba urang aring segar (30 g) dalam kaldu ayam lalu tim, minum airnya setelah dingin. Baca Obat keputihan dari tanaman berkhasiat

Mimisan

Cuci herba urang aring segar (1 genggam), lalu giling sampai halus, peras dan saring, tambahkan 5 seloki air putih, ditim supaya panas, minum sehari 2 kali setelah makan. Kunjungi juga Obat tradisional penyakit sariawan

Diare

Sediakan herba urang aring segar (30 g) lalu rebus herba segar dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas, setelah dingin saring lalu minum.

Batuk berdarah dan Bronkhitis

Cuci herba urang aring segar (60 g), lalu giling sampai halus. Peras dan saring . Seduh air yang terkumpul dengan dengan 1/2 gelas cangkir air panas. Dinginkan sebentar dan minum sekaligus. Silahkan membaca untuk Obat batuk alami

Muntah darah

Giling herba urang aring segar (120 g) sampai halus, peras dan saring, lalu minum.

Gusi bengkak

Panggang herba urang aring segar sampai kering. Giling halus sampai menjadi bu8buk. Oleskan bubuk tersebut ke bagian gusiyang bengkak dan sakit.

Koreng dikepala

Rebus herba urang aring segar secukupnya. lalu tunggu sampai dingin, dan gunakan untuk membasahi kulit kepala. Gosokan ampas pada koreng. Atau giling herba segar sampai halus, oleskan air pereasan pada koreng.

Catatan
  • Kontraindikasi kalau sakit dengan disertai diare akibat dingin serta organ limpa dan lambung yang lemah.
  • Digunakan juga menghambat penuaan, menyehatkan tulang, gigi, penglihatan, pendengaran, daya ingat, serta menenangkan serta memperbaiki kualitas tidur.
  • Urang aring mengandung pigmen yang berwarna hitam. Di India, urang aring air rebusan daunnya digunakan oleh ibu-ibu untuk mencuci kepala bayi guna merangsang pertumbuhan rambut kepala dan juga untuk mewarnai rambut. Warna hitamnya juga digunakan sebagai tinta tato.
  • Lemah ginjal berdampak pada rambut rontok dan memutih (ubanan) di usia muda, telinga berdenging (tinnitus), gigi rapuh, penglihatan kabur, dan gangguan saraf (sakit kepala, vertigo).
  • Sudah banyak dibuat obat paten dari herba urang aring.


Disqus Comments