-->

Khasiat Kaktus Pakis Giwang

Khasiat Kaktus Pakis Giwang. Kaktus Pakis Giwang sangat mudah ditemui, karena umumnya tanaman Kaktus Pakis Giwang ini sering terlihat ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias atau tanaman pagar maupun dijadikan tumbuhan obat. Tapi kebanyakan orang tidak mengenali jenis tumbuhan simplisia ini, bahkan tak jarang yang punya tanamanpun tak mengetahui nama tumbuhan kaktus pakis giwang.

Di Indonesia Kaktus pakis giwang terkenal dengan nama mahkota duri sangat mudah sekali mengenalinya, tumbuhan semak yang dijadikan tanaman hias ini tingginya hanya sekitar 1 meter, mempunyai cabang yang rapat, berwarna kelabu, berduri sangat kasar dan tajam sebagaimana kaktus umumnya, bertangkai pendek, berdaun tungggal, dan berbunga majemuk. Warna bunganya sangat cantik, ada yang merah, orange, kuning sangat pas sekali bila dijadikan tanaman hias sebagai pagar halaman. Nama simplisianya adalah Euphorbiae milii herba (herba kaktus pakis giwang), sedangkan nama asingnya tie hai tang (China), crown of thorns (Inggris). Sinonim E. splendens Bojer, dari suku Euphorbiaceae.




Kaktus pakis giwang atau mahkota duri mempunyai rasa pahit, netral, astringen, bertoksik tapi hanya sedikit. Daun, batang dan bunganya mengandung tanin dan saponin, sedangkan flavonoid terkandung juga dalam bunganya. Berkhasiat penghenti pendarahan (hemostatis), menghilangkan bengkak, antiseptik dan antiradang.

Untuk pengobatan yang diminum harus berpedoman dan petunjuk dari pakar herbalis terpercaya. Adapun Untuk pengobatan luar seperti mengompres, membasuh dan merendam dengan rebusan herba terhadap bagian yang sakit juga harus berdasarkan panduan dari ahli terapi terpercaya.

Khasiat Kaktus Pakis Giwang

Seluruh tanaman ini dapat dijadikan obat. Sedangkan indikasinya adalah dapat mengobati pendarahan rahim, hepatitis, bisul, radang kulit bernanah (piodermi), dan luka bakar. 

Contoh pemakaian

Hepatitis 
9-15 g herba pakis giwang yang segar direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. saring dan tambahkan madu seperlunya. Diminum pagi dan sore masing-masing 1/2 gelas.

Perdarahan rahim 
Sediakan bunga herba segar (10-15 kuntum), dan daging 50g, rebus dan dimakan sebagai sup.

Bisul dan radang kulit bernanah 
Sediakan herba pakis giwang, buang durinya lalu cuci bersih dan giling hingga halus. Tambahkan gula merah dan tempelkan pada tempat yang sakit.

Luka bakar 
Potong daun, batang serta bunga herba pakis giwang, lalu rebus dengan air secukupnya selama kurang lebih 15 menit, setelah dingin kompres atau basuh bagian yang terkena luka bakar.

Disqus Comments